Meksiko Didesak Trump untuk Segera Pulangkan Para Migran

Selasa, 27 November 2018 - 09:25 WIB
Meksiko Didesak Trump untuk Segera Pulangkan Para Migran
Para migran berlarian setelah aparat AS menembakkan gas air mata di perbatasan Meksiko-AS. Foto/Ist.
A A A
WASHINGTON - Meksiko, didesak Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump segera memulangkan para migran dari Amerika Tengah, yang mencari suaka di AS ke kampung halamannya.

Hal itu dikatakan Trump sehari setelah pemerintah AS, menutup perbatasan tersibuk di negara itu, dan menembakkan gas air mata ke kerumunan migran.

Insiden hari Minggu, terjadi setelah sekelompok migran di kota perbatasan Meksiko Tijuana, bergegas ke pagar perbatasan.

Ini adalah bab terbaru dari kebijakan keras Trump, terhadap ribuan migran yang telah pergi ke utara melalui Meksiko, dari negara-negara Amerika Tengah, yang penuh kekerasan dan kemiskinan.

Ketegangan telah tumbuh di Tijuana, dan Trump mengatakan pada akhir pekan lalu bahwa para migran harus menunggu di Meksiko, sampai klaim suaka individu mereka diselesaikan di AS.

Kondisi itu, akan menjadi perubahan signifikan dalam kebijakan suaka yang dapat menjaga para migran dari Amerika Tengah, di Meksiko, selama lebih dari setahun.

Namun pada awal pekan ini, Trump mengatakan Meksiko harus mengirim para migran dari Amerika Tengah, kebanyakan orang Honduras, kembali ke rumah mereka.

"Meksiko harus menggerakkan bendera melambaikan para migran, banyak dari mereka adalah penjahat berdarah dingin, kembali ke negara mereka. Lakukan dengan pesawat, lakukan dengan bus, tetap lakukan yang Anda inginkan, tetapi mereka TIDAK datang ke AS. Kami akan menutup Perbatasan secara permanen jika perlu. Kongres, dana tembok!” tweet Trump seperti dilansir dari Reuters, Selasa (27/11/2018).

Pejabat pemerintah Meksiko tidak segera menanggapi pernyataan Trump. Meksiko, telah bernegosiasi dengan AS, mengenai kemungkinan skema untuk menjaga migran di Meksiko, sementara klaim suaka mereka diproses.

Tim Presiden Meksiko terpilih Andres Manuel Lopez Obrador, yang berkuasa Sabtu, mengatakan tidak ada kesepakatan yang disepakati para migran. Namun para pejabat mengisyaratkan mereka bisa tetap di Meksiko.

"Kami harus objektif, apa pun yang terjadi mereka akan tetap di Meksiko," kata Alejandro Encinas, deputi menteri dalam negeri.

"Para migran memiliki hak dan kami akan menghormati mereka," imbuhnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6272 seconds (0.1#10.140)