Pengusaha Gotong Rotong Dukung Perjuangan Tenaga Medis Covid-19

Rabu, 20 Mei 2020 - 18:38 WIB
loading...
Pengusaha Gotong Rotong Dukung Perjuangan Tenaga Medis Covid-19
Direktur RSU dr Soetomo, dr. Joni Wahyuhadi, menerima bantuan dari beberapa pengusaha dan komunitas, Rabu (20/5/2020). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Para pengusaha di Kota Surabaya bahu membahu mendukung perjuangan para tenaga medis Covid-19 RSUD dr. Soetomo Surabaya. Beragam bantuan seperti Alat Pelindung Diri (APD), masker medis hingga robot digelontorkan ke rumah sakit rujukan terbesar di Indonesia Timur tersebut.

Salah satu bantuan yang cukup mencuri perhatian yakni Robot Tomo. Direktur RSU dr Soetomo, dr. Joni Wahyuhadi, mengatakan robot sumbangan dari perusahaan PT Hartono Wiratanik ini berfungsi membantu tenaga medis dalam merawat pasien Covid-19.

Robot ini bisa mengantarkan obat dan makanan yang cukup dikendalikan lewat smartphone, sehingga bisa mengurangi kontak langsung antara pasien Covid-19 dengan tenaga medis.(baca juga: Update COVID-19 di Jatim: Pasien Positif 2.372 Orang, 387 Sembuh )

"Tapi tidak kontak sama sekali, ini hanya membantu mengurangi kontak. Jadi kita kontak sama pasien kalau memang pasien itu sangat memerlukan," katanya.

Dokter Joni mengakui, bahwa semua bantuan yang diberikan oleh masyarakat sangat membantu pasien dan tenaga kesehatan. Apalagi saat ini trend pasien positif Covid-19 di Surabaya dan sekitarnya semakin meningkat.

"Rumah sakit dr.Soetomo ini kita dedikasikan untuk pasien yang sedang dan berat," Ucapnya. Sedangkan yang ringan dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih bisa mandiri akan dirawat di rumah sakit darurat yang saat ini sedang dikebut.

Pembina Mini Nusantara, Hadi Soemarsono, menjelaskan bahwa para pengusaha dan komunitas dari Komunitas Mini Cooper, PT Evergreen dan Graha Family memang tergerak dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jika ditotal, dari sekian banyak jenis bantuan bisa mencapai sekitar Rp. 900 juta.

"Ada ratusan dus APD, tiga transport ventilator, 10.000 masker, 55 galon hand sanitizer gell, 4.000 handscoon, 2.503 hazmat dan banyak lainnya," katanya.

Hadi berharap, bantuan yg diberikan bisa membantu perjuangan tenga medis. " Saya ucapkan terimakasih pada pahlawan medisku yang mau menerima bantuan kami. Selamat berjuang pahlawanku," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)