alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Ada Dentuman Misterius di Bandung, Ini Penjelasan PVMBG

Agus Warsudi
Ada Dentuman Misterius di Bandung, Ini Penjelasan PVMBG
Suara dentuman misterius terdengar di Bandung. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews/Yuswantoro

BANDUNG - Warga yang tinggal di wilayah Bandung Raya, dikejutkan dengan suara dentuman misterius yang terdengar pada Kamis (21/5/2020) pagi, sekitar pukul 08.00-09.00 WIB.

(Baca juga: Ahli Biologi Sel: COVID-19 Menyebar Global Bermutasi Jadi Virus Lokal)

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), memastikan suara dentuman misterius tersebut, bukan karena aktivitas vulkanik.

Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan mengatakan, sejauh ini tidak ada laporan tanda-tanda erupsi dari sejumlah pos-pos gunung api di wilayah Bandung Raya.

"Di sekitar Kota Bandung tidak ada laporan erupsi (letusan gunung api). Jadi sumber dentuman bukan berasal dari erupsi gunung api," kata Hendra saat dihubungi di Bandung, Kamis (21/5/2020).

Hendra mengemukakan, aktivitas vulkanik biasanya berkaitan dengan erupsi. Sehingga, tidak ada aktivitas vulkanik lain yang diduga bisa mengeluarkan suara dentuman misterius itu. "Kalau dari aktivitas vulkanik biasanya berkaitan dengan erupsi. Namun gunung-gunung api di sekitar Bandung Raya tidak ada yang erupsi," ujar dia.

Seperti diberitakan, sebagian masyarakat Bandung Raya, dikejutkan oleh suara dentuman cukup keras pada Kamis (21/5/2020) pagi. Suara dentuman yang terdengar beberapa kali oleh warga terjadi sekitar pukul 08.00 hingga 09.00 WIB. "Infonya, sempat kedengaran di wilayah Moh Toha, Buahbatu, Astanaanyar, dan Kopo," kata Akbar, salah seorang warga, melalui pesan singkat.

Selain di wilayah Kota Bandung, suara dentuman misterius tersebut juga dikabarkan terdengar hingga wilayah Kabupaten Bandung, dari Kecamatan Katapang, Baleendah, Banjaran, Majalaya, Soreang, hingga Ciwidey.

"Di Rancamanya, Baleendah juga kedengaran. tapi suaranya agak kecil, suara dari arah Lapangan Tembak AU (Lanud Sulaeman)," kata Septian, warga Rancamanyar.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Tony Agus Wijaya menanggapi suara dentuman misterius tersebut. Tony mengatakan saat ini masih diperlukan analisa untuk mengetahui asal usul sumber suara tersebut. "Perlu dianalisa penyebab sumber suara dari faktor selain gempa, cuaca, dan petir," kata Tony saat dikonfirmasi melalui ponsel.

Tony mengemukakan, hari ini sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB, tidak ada kejadian gempa. Untuk cuaca pun, Bandung Raya pada pagi hari hingga Jam 10.00 WIB, cerah berawan, tidak ada hujan. "Juga tidak ada kejadian petir mulai pukul 08.30 WIB sampai 10.00 WIB," ujar Tony.



(eyt)

preload video
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak