Usai Reuni Akbar 212 Areal Monas Kinclong Kembali

Minggu, 02 Desember 2018 - 19:07 WIB
Usai Reuni Akbar 212 Areal Monas Kinclong Kembali
Kawasan Monas terlihat kembali kinclong setelah ditinggal peserta Reuni 212, Minggu (2/12/2018) sore. Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja
A A A
JAKARTA - Luar biasa, areal lapangan Monas yang dipadati jutaan umat Islam pada Reuni Akbar 212 pada pagi hingga siang hari, ternyata pada sorenya sudah bersih kembali.

Tidak ada sampah tercecer hingga terlihat areal Monas Kinclong kembali. Usai acara, petugas kebersihan dari Pemprov DKI dibantu peserta, langsung membersihkan kawasan Monas dan sekitarnya dari sampah sisa-sisa makanan dan minuman. Fasilitas publik di kawasan Monas juga dipastikan tetap terjaga.

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara memastikan setelah acara Reuni 212 tidak ditemukan kerusakan pada fasilitas publik di kawasan Monas. "Sejauh ini sih tidak ada ya (kerusakan)," ujar Bayu kepada wartawan di silang Monas, Minggu (2/12/2018).

Terkait sampah, kata dia, Pemprov DKI sudah menyiagakan 500 petugas. Ia pun mengapresiasi kesadaran peserta yang turut bersama-sama menjaga kebersihan dengan melakukan operasi kebersihan pasca acara.

"Dari pihak mereka juga ikut membantu untuk mengumpulkan dan terakhir akan kami angkut ke truk-truk," ucapnya.

Bayu menyebutkan, volume sampah yang terkumpul dari kawasan Monas dan sekitarnya sebanyak 10 truk. Saat ini petugas masih terus menyisir sisa-sisa sampah, sehingga Monas benar-benar kembali kinclong.

"Alhamdulilah sampai (Jalan) Sudirman sudah clear and clean. Lalu kawasan Budi Kemuliaan, karena masuk di kawasan Merdeka Selatan ujung, ini kami sebutnya pintu Gambir, jadi sentral tempat masuk, ini mungkin menjadi yang terakhir selesai tugas kami," terangnya.

Bayu berharap operasi kebersihan bisa segera diselesaikan sehingga kawasan Monas kembali dapat digunakan. "Sampai selesai (bersih). Kami mengimbau kepada teman-teman semua lebih cepat selesai biar cepat istirahat," tutupnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi kegiatan Reuni Akbar 212 yang berjalan tertib, aman, dan bersih ini. Dia berharap kegiatan ini menguatkan pesan bahwa yang datang ke tempat ini memperjuangkan persatuan, kedamaian, dan keadilan di negeri ini.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0457 seconds (0.1#10.140)