Menag Imbau Lebaran di Rumah dan Sarankan Silaturahmi Lewat Medsos

Kamis, 21 Mei 2020 - 17:48 WIB
loading...
Menag Imbau Lebaran di Rumah dan Sarankan Silaturahmi Lewat Medsos
Menag Fachrul Razi menyarankan, agar umat Islam supaya Lebaran di rumah saja. Tidak perlu pergi kemanapun, cukup di rumah saja dan tidak menerima tamu. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyarankan agar umat Islam Lebaran di rumah saja bersama keluarga inti. Tidak perlu pergi ke manapun, cukup di rumah saja dan tidak menerima tamu.

"Tidak usah kemana-mana dan juga tidak usah menerima tamu. Karena kembali tidak jelas tamu yang datang mungkin membawa virus karena memang banyak sekarang orang tanpa gejala," kata Fachrul dalam video conference bersama dengan BNPB, Kamis (21/5/2020).

Untuk mempererat silaturahmi, Fachrul mengajak umat islam untuk dapat menggunakan media sosial dengan gadget handphone melalui video call. (Baca juga: Menag Minta Masjid Gaungkan Takbir Tapi Jangan Takbir Keliling )

"Bersilaturahmi dapat kita lakukan dengan melalui media sosial, banyak sekali media sosial yang tersedia sekarang contoh melalui handphone kita bisa. Kita tinggal video call, kita sudah bisa berkomunikasi dengan teman-teman dengan saudara-saudara di mana pun dia berada di situ kita bisa saling bermaaf-maafan," jelas dia.

"Karena memang bermaafan dan silahturahmi tidak harus bertemu fisik. Silaturahmi terjadi bukan karena kedekatan fisik tapi karena kedekatan batin," kata dia.

Fachrul juga menggarisbawahi supaya agar dalam menyambut dan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri umat Islam dapat menaati benar tentang protokol kesehatan. Meskipun beribadah di rumah dan bersilaturahmi via medsos.

"Sehingga ibadah dapat kita lakukan, kegembiraan betul-betul juga membuat kita menjadi tidak kehilangan kegembiraan kita karena memang itu adalah hari kemenangan kita semua tetapi juga kita terhindar dari COVID-19," kata dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)