alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Oknum Satpol PP Perusak Rumdin Wali Kota Blitar Dipecat

Solichan Arif
Oknum Satpol PP Perusak Rumdin Wali Kota Blitar Dipecat
endela kaca pos jaga rumah dinas Wali Kota Blitar, pecah dirusak oknum Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Blitar. Foto/SINDOnews/Solichan Arif

KOTA BLITAR - Masih ingat petugas Satpol PP Kota Blitar yang merusak fasilitas rumah dinas Wali Kota Blitar 27 November 2018 lalu?.

Oknum petugas berinisial AV (29) itu sudah diberhentikan Pemerintah Kota Blitar. Hubungan kerja AV sebagai tenaga outsourching Pemkot Blitar, resmi diputus.

“Karena pelanggarannya berat, maka sanksi yang diberikan adalah sanksi maksimal (diberhentikan),“ ujar Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar Juari kepada wartawan. Kasus pengerusakan itu langsung dilaporkan aparat kepolisian setempat.

Di depan penyidik AV mengaku jengkel karena jadwal piket jaga rumah dinas Wali Kota Blitar Muh Samanhudi Anwar tidak tertib.

Situasi indisipliner itu berlangsung paska Samanhudi ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi atas kasus suap infrastruktur pendidikan. Berkali kali AV menyampaikan keluhannya ke atasan. Namun berkali kali pula tidak diindahkan. Malam hari ketika tidak ada orang, AV meremukkan jendela kaca pos jaga rumdin dengan sebatang kayu.

Di dapur dan ruang sekretaris pribadi (sekpri) rumdin,  dia juga mengamuk, dengan menendangi semua yang ada di sana. “Sebagai petugas harusnya ikut menjaga keamanan, bukan melakukan pengerusakan, “tegas Juari. Hasil rapat internal Satpol PP Kota Blitar kontrak kerja AV diputus sejak 1 Desember 2018.

Wakil Wali Kota Blitar Santoso mengatakan sanksi tegas perlu diberikan kepada pelanggar berat. Hal itu untuk memberikan efek jera bagi yang lain. Apalagi yang dirusak adalah aset Pemkot Blitar sendiri. “Memang harus ada sanksi tegas untuk menjadi pelajaran bagi yang lain, “ujarnya.

Dengan kejadian ini Santoso juga  menghimbau seluruh pegawai Pemkot Blitar, yakni baik ASN maupun berstatus kontrak untuk mematuhi aturan yang berlaku. Jika mendapati persoalan sebaiknnya membicarakan dulu dengan atasan. Bukan mengambil inisiatif sendiri yang ujung ujungnya menimbulkan persoalan baru.

“Mencari pekerjaan itu tidak gampang. Ketika sudah dikasih kesempatan ya harus melaksanakan tugas dengan baik. Dan ketika menyimpang ya harus disanksi sesuai pelanggarannya, “tegasnya.



(vhs)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif