Hebat! Anak Berprestasi di Kota Surabaya, Tembus 7.900 Anak

Selasa, 11 Desember 2018 - 17:59 WIB
Hebat! Anak Berprestasi di Kota Surabaya, Tembus 7.900 Anak
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memberikan motivasi pada para siswa berprestasi. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Luar biasa, jumlah anak berprestasi di Kota Pahlawan sudah tembus sebanyak 7.900 anak. Mereka tersebar di berbagai sekolah yang ada di Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memberikan apresiasi pada para pendidik yang mampu mengerek prestasi anak didiknya di sekolah.

"Pada 2010 lalu hanya 300 anak, kini sekitar 7.900 anak berprestasi. Saya ucapkan terima kasih karena prestasi anak-anak semakin tahun semakin meningkat," ujar Risma ketika ditemui di sela-sela pembekalan Pelajar Berprestasi Adisiswa Fiesta dan Awarding Eco School 2018 di Convention Hall Jalan Arief Rahman Hakim, Surabaya, Selasa (11/12/2018).

Ia melanjutkan, ukuran prestasi anak-anak tidak boleh dilihat dari segi akademis saja. Tetapi juga bisa di bidang non akademis seperti olahraga dan musik. Makanya anak-anak bisa mengembangkan semua bakat yang dimiliki.

Bagi Risma, masa depan anak sejak dini sangat penting untuk terus dibina. Pasalnya, anak-anak adalah generasi penerus bangsa dan tantangan ke depan harus berhadapan dengan anak-anak di seluruh dunia.

"Jadi, tidak boleh jadi penonton, tapi harus jadi aktor agar bisa mengontrol negara ini," ucapnya.

Wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan ini menambahkan, pihaknya juga memberikan apresiasi pada seluruh elemen masyarakat yang turut berperan aktif dalam program Eco School.

Capaian Surabaya Eco School bertema kendalikan sampah plastik selama bulan oktober hingga desember 2018 menghasilkan 1.095 lubang resapan biopori, mengolah 15.019 kg sampah organik, 61 sekolah zero waste tanpa sampah kemasan makanan dan minuman serta pengolahan 10.603 kg jelantah menjadi biodiesel melalui bank sampah induk.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan menuturkan, kegiatan Adisiswa Fiesta rutin digelar setiap tahun. Siswa berprestasi ini datang dengan membawa medali serta piala penghargaan yang berhasil diperoleh. Beberapa siswa terlihat datang membawa banyak medali karena sering mengikuti lomba di banyak tempat.

Berbagai prestasi yang diperoleh siswa tersebut dapat digunakan untuk masuk sekolah jenjang berikutnya melalui jalur prestasi. "Prestasi yang diraih siswa Surabaya ini mulai dari tingkat kota, kemudian tingkat provinsi, nasional, bahkan tingkat internasional," pungkas mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya ini.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5950 seconds (0.1#10.140)