Sambut Lebaran, Rumah Ketahanan Pangan Nelayan Bagikan Paket Sembako

Sabtu, 23 Mei 2020 - 16:29 WIB
loading...
Sambut Lebaran, Rumah Ketahanan Pangan Nelayan Bagikan Paket Sembako
Sambut Lebaran, Rumah Ketahanan Pangan Nelayan Bagikan Paket Sembako. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Nelayan adalah salah satu sektor yang rentan terdampak persebaran pandemi COVID-19.

Persebaran virus secara global ini mengakibatkan harga perikanan turun di titik terendah, hasil tangkapan ikan tidak bisa diserap pasar secara normal. Pada akhirnya nelayan merugi dan bahkan kehilangan pendapatan. (Baca juga: Paket Sembako Pemprov Dibagikan Door to Door ke Warga Jatim di Jabodetabek )

Belum pulihnya kondisi pasar perikanan dalam dua bulan terakhir mengakibatkan banyak nelayan. Khususnya nelayan kecil yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok keluarganya.

Menyambut Lebaran tahun ini, Rumah Ketahanan Pangan Nelayan (RKPN) menyalurkan paket bantuan sembako bagi keluarga nelayan kecil yang terdampak COVID-19 di Kabupaten Lamongan dan Pamekasan, Jawa Timur pada hari Sabtu, 23 Mei 2020.

“Paket bantuan sembako bagi keluarga nelayan ini adalah realisasi bantuan dari Yayasan Kemanusian KADIN Indonesia dan didukung oleh Lazismu, lembaga zakat Muhammadiyah serta Dompet Dhuafa,” kata Project Manager RKPN Dahroni Agung Prasetyo dalam keterangan tertulisnya (23/5/2020).

Rumah Ketahanan Pangan Nelayan (RKPN) adalah program yang diinisiasi oleh Jaringan Nelayan Matahari (JNM) untuk membangun ketahanan pangan bagi nelayan dan pelaku perikanan dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan masa-masa paceklik.

“Meskipun belum bisa menjangkau seluruh nelayan, kami berupaya menyalurkan bantuan pangan untuk keluarga nelayan kecil yang paling terdampak dan belum tersentuh bantuan dari pihak manapun. Total ada 560 paket sembako yang kami salurkan,” kata Dahroni Agung yang juga bendahara Jaringan Nelayan Matahari ini.

Dahroni Agung menjelaskan, paket bantuan dengan tajuk #KadoLebaran ini dibagikan untuk masyarakat perikanan di sentra nelayan kecamatan Tlanakan, Pamekasan dan untuk tiga desa di Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan, Jawa Timur dengan sistem door to door.

“Rumah Ketahanan Pangan Nelayan (RKPN) selain menyalurkan bantuan pangan dari berbagai pihak juga akan menyediakan paket sembako murah bagi keluarga nelayan dan pelaku perikanan yang terdampak persebaran COVID-19,” kata dia.

Mengingat kondisi pandemi COVID-19 ini belum jelas kapan berakhirnya, Jaringan Nelayan Matahari (JNM) berharap sinergi program dari berbagai pihak dapat terus berlanjut. Khususnya untuk mendorong dan membangun ketahanan dan kemandirian nelayan dan pelaku perikanan untuk menghadapi masa pandemi ini.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)