Hasil Sidang Tertutup, Bacarek ITS Mengerucut Tiga Nama

Rabu, 12 Desember 2018 - 21:20 WIB
Hasil Sidang Tertutup, Bacarek ITS Mengerucut Tiga Nama
Para calon rektor ketika datang dalam sidang tertutup Senat Akademik.Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Sidang Tertutup Senat Akademik (SA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengerucutkan tiga nama yang bakal menjadi calon rektor (carek). Ketiga nama tersebut adalah Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT, dan Bambang Pramujati ST MScEng PhD.

Ketua SA ITS, Prof Priyo Suprobo menuturkan, ketiga carek tersebut terpilih dari hasil sidang tertutup. "Mereka berhasil unggul dari dua Bacarek lainnya yaitu Dr Eng Muhammad Badrus Zaman ST MT dan Adjie Pamungkas ST MDevPlg PhD," ujar Probo, panggilan akrabnya ketika ditemui di Ruang Sidang Senat ITS, Rabu (12/12/2018).

Ia melanjutkan, Prof Mochamad Ashari berhasil mendapatkan perolehan suara terbobot paling banyak, yakni 177. Disusul dua carek terpilih lainnya, Prof Adi Soeprijanto yang mendapat bobot suara 109 dan Bambang Pramujati sebanyak 101.

Sementara dua bacarek yang tersingkir dari proses sidang tertutup SA karena bobot suara terendah adalah Muhammad Badrus Zaman dan Adjie Pamungkas yang masing-masing hanya mendapatkan suara terbobot sebanyak 58 dan 35.

Probo juga menjelaskan, proses pemilihan tiga carek tersebut dilakukan dengan cara pemungutan suara atau voting oleh 80 anggota Senat Akademik yang hadir dari 84 orang total anggotanya.

Setiap anggota diharuskan memilih tiga nama dari lima bacarek dengan memberikan prioritas yang akan memiliki bobot suara berbeda. “Pilihan nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut memiliki bobot suara 3, 2, dan 1,” ucap guru besar Teknik Sipil ITS tersebut.

Setelah memperoleh tiga nama carek, katanya, selanjutnya Majelis Wali Amanah (MWA) akan menggelar juga sidang secara tertutup pada 20 Desember mendatang.

“Dalam sidang (MWA) tersebut akan menentukan siapakah dari ketiga carek yang kami (SA ITS, red) ajukan tersebut yang bakal menjadi rektor ITS periode 2019-2024,” ungkapnya.

Sidang MWA tersebut nantinya dihadiri sebanyak 17 orang anggota. Selain Ketua MWA, anggota MWA ITS pada sidang tersebut meliputi Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Gubernur Jawa Timur.

Selain itu juga Ketua Senat Akademik, Wakil Dosen sebanyak enam orang, Wakil Tenaga Kependidikan (Tendik), Wakil Mahasiswa, Wakil Alumni, dan Wakil Masyarakat Umum sebanyak empat orang.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.3230 seconds (0.1#10.140)