Bambang DH, Jadi Penentu Siapa Calon PDIP di Pilwali Surabaya?

Jum'at, 14 Desember 2018 - 18:32 WIB
Bambang DH, Jadi Penentu Siapa Calon PDIP di Pilwali Surabaya?
Bambang DH, akan menjadi penentu calon Wali Kota Surabaya, yang diusung PDIP. Foto/Ilustrasi
A A A
SURABAYA - Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya masih kurang dua tahun lagi. Namun, sejumlah partai politik sudah menyiapkan kadernya guna merebut kursi Surabaya 1.

PDIP Kota Surabaya misalnya, saat ini tengah menggodok Whisnu Sakti Buana, Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, yang sekaligus Wakil Wali Kota Surabaya. Namun langkah Whisnu diprediksi tidak mulus lantaran keputusan pencalonan sepenuhnya ditangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.

"Megawati memiliki dua ring di Surabaya yang akan kuat memberi informasi. Bu Risma (Tri Rismaharini) dan Pak Bambang DH. Informasi kedua tokoh ini akan sangat menentukan siapa yang akan diusung PDIP," kata Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surochim Abdussalam, Jum'at (14/12/2018).

Menurut Surochim, dari dua tokoh ‘pembisik’ Megawati tersebut, calon yang berasal dari usulannya Bambang DH dianggap yang paling berpeluang. Bahkan peluang Whisnu Sakti Buana juga begitu terbuka.

"Whisnu memang kader organik PDIP, tapi dia (usulannya) tidak cukup kuat dibanding Risma dan Bambang DH (Ketua Badan Pemenangan Pemilu/Bappilu DPP PDIP). Dia (Whisnu) hanya akan masuk nominasi saja," ujar peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC).

Sementara itu, Ketua Bappilu DPC PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono mengaku sudah menyiapkan Whisnu Sakti Buana sebagai calon penerus Tri Rismaharini memimpin Kota Surabaya pada Pilwali yang digelar 2020.

"Pak Whisnu memiliki kompetensi untuk memimpin Surabaya. Selain punya pandangan yang jelas terhadap membangun kota ke depannya, Pak Whisnu punya skill leadership yang mumpuni," katanya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.2823 seconds (0.1#10.140)