Ini Daftar Manfaat Buah dan Sayuran Berwarna Ungu untuk Kesehatan

Minggu, 24 Mei 2020 - 19:12 WIB
loading...
Ini Daftar Manfaat Buah dan Sayuran Berwarna Ungu untuk Kesehatan
Buah dan sayuran berwarna ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan antioksidan anthocyanin, senyawa yang memberikan warna pada buah dan sayuran. Foto/The List
A A A
Buah dan sayuran berwarna, banyak disarankan oleh dokter untuk dikonsumsi agar tetap sehat dan bugar, karena buah dan sayuran berwarna banyak mengandung antioksidan. Keberadaan antioksidan penting bagi tubuh, karena bisa melindungi dari radikal bebas.

(Baca juga: Titik Air Mata Wali Kota Malang dan Perawat COVID-19 di Malam Takbiran )

Selain itu, makanan yang berwarna seperti hijau, kuning atau ungu tidak hanya memberikan beberapa manfaat kesehatan, tapi juga menambahkan rasa dan membuat kita tertarik untuk makan makanan yang sehat.

Menurut penelitan, buah dan sayuran berwarna ungu dapat menjaga kesehatan jantung, membunuh sel-sel kanker, dan mengandung senyawa dari antioksidan yang disebut anthocyanin, sebuah senyawa yang memberikan warna pada buah dan sayuran.

Buah-buahan berwarna ungu yang bisa Anda masukkan dalam diet Anda antara lain anggur ungu, buah ara, markisa, kismis dan blueberry. Sementara itu sayuran berwarna ungu yang bisa anda konsumsi adalah wortel ungu, kubis ungu, asparagus ungu, ubi jalar ungu, paprika ungu, kembang kol ungu dan brokoli ungu. Seperti dilansir laman Boldsky, berikut adalah manfaat kesehatan dari buah dan sayuran berwarna ungu.

1. Membuat jantung tetap sehat
Buah-buahan berwarna ungu tertentu seperti blackcurrant atau Blueberry ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam tubuh.

2. Menghambat sel kanker
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan resveratrol yang terdapat pada buah dan sayuran berwarna ungu dapat mematikan pertumbuhan sel kanker pada kanker darah, payudara, prostat, kulit, hati dan paru-paru.

3. Meningkatkan daya ingat
Ubi jalar yang berwarna ungu diketahui memiliki efek positif yaitu dapat meningkatkan daya ingat karena ada kandungan anthocyanin yang ada di dalamnya. Senyawa tersebut dapat membantu mencegah penurunan sistem saraf terkait usia sekaligus meningkatkan memori.

4. Menurunkan tekanan darah
Anggur ungu dan blueberry mengandung kandungan resveratrol dan flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan Resveratrol dikenal dapat membantu merelaksasi dinding arteri, sehingga membuat sirkulasi darah lebih baik di arteri.

Sementara itu, salah satu metode terbaik untuk mengonsumsi buah dan sayuran berwarna ungu adalah dengan dikukus, atau dipanggang, tapi Anda juga bisa memakannya dengan keadaan mentah. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jumlah kandungan anthocyanin yang dibutuhkan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)