Kecelakaan di Medan, Tak Hambat Ekspedisi Nusantara Mobil Listrik

Senin, 17 Desember 2018 - 19:45 WIB
Kecelakaan di Medan, Tak Hambat Ekspedisi Nusantara Mobil Listrik
Mobil listrik dari Pusat Unggulan Iptek Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) ITS ketika mengalami kecelakaan di Medan. Foto/Ist.
A A A
MEDAN - Mobil listrik dari Pusat Unggulan Iptek Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mengalami kecelakaan.

Kecelakaan itu terjadi di Sumatera Utara, saat mobil listrik tersebut melakoni perjalanan ekspedisi keliling Nusantara.

Tim mobil listrik ini tetap bisa menuntaskan perjalanannya di Pulau Sumatera, dengan pemberhentian terakhir di Kota Medan, Senin (17/12/2018).

Kecelakaan sempat terjadi pada Sabtu (15/12/2018) lalu dalam perjalanan dari Tebing Tinggi menuju Medan. Rombongan tim PLN BLITS Explore Indonesia mengalami musibah tabrakan beruntun. Kecelakaan itu membuat kerusakan di beberapa bagian mobil.

Direktur PUI-SKO ITS, Muhammad Nur Yuniarto menuturkan, tabrakan beruntun tersebut dimulai saat rombongan yang terdiri dari satu mobil patroli dan pengawalan (Patwal) di urutan paling depan.

Diduga mengerem secara mendadak dan berhenti tiba-tiba, tabrakan beruntun terjadi dengan mobil listrik BLITS yang berada tepat di belakangnya, kemudian disusul mobil hybrid Kasuari, dan diiringi dengan dua mobil logistik, serta mobil pembawa peralatan yang tak bisa menghindari tabrakan beruntun iring-iringan tim PLN BLITS Explore Indonesia tersebut.

"Kejadian itu membuat kerusakan pada bagian depan pada mobil listrik BLITS. Makanya, tim PLN BLITS Explore Indonesia diharuskan untuk memperbaiki kendaraan sesegera mungkin agar dapat menyelesaikan perjalanan menuju 5 ribu kilometer pertama di Kota Medan," katanya.

Ia melanjutkan, akibat kejadian tersebut, tidak melukai penumpang dan pengendara mobil listrik. Hal itu karena adanya proses desain yang sangat baik dan sesuai standar yang telah ditetapkan saat pembuatan mobil ini sendiri.

"Saat ini posisi mobil sedang dalam proses perbaikan di kota Medan sebagai pemberhentian terakhir di Pulau Sumatera ini," ucapnya.

Ia menambahkan, tabrakan yang terjadi tersebut juga bukan terkait permasalahan sistem pengereman dari masing-masing mobil.

"Namun ini murni karena kehendak Tuhan untuk memperingatkan kami agar lebih waspada dan berhati-hati, serta kami yakin kejadian ini dapat mempererat kebersamaan dan kekompakan tim PLN BLITS Explore Indonesia," jelasnya.

Nur yang mewakili tim PLN BLITS Explore Indonesia mengungkapkan, perjalanan di Pulau Sumatera ini merupakan perjalanan yang luar biasa indah. Tim disuguhkan dengan segala keindahan alam dan penduduk yang saling menguatkan di segala kondisi.

"Semua ini membuat tim kami merasa bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan dengan kondisi tim kami yang baik-baik saja atas musibah ini," ucap dosen Teknik Mesin ITS ini.

Ia juga memastikan, Tim PLN BLITS Explore Indonesia juga bertekad akan terus melanjutkan perjuangan ini. Agar tetap bisa mengenalkan teknologi mobil listrik buatan anak bangsa hingga ke pelosok negeri.

Rencananya, setelah menempuh 5 ribu kilometer di Pulau Sumatera tersebut, tim PLN BLITS Explore Indonesia akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Pontianak, Kalimantan Barat dengan menggunakan kapal. Namun perjalanan tersebut harus ditunda hingga proses perbaikan mobil listrik BLITS selesai.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4083 seconds (0.1#10.140)