Mengerikan! BEP Evakuasi Ratusan Limbah Popok di Intake PDAM

Senin, 17 Desember 2018 - 21:36 WIB
Mengerikan! BEP Evakuasi Ratusan Limbah Popok di Intake PDAM
Anggota Berigade Evakuasi Popok (BEP) melakukan aksi evakuasi ratusan limbah popok di Jembatan Legundi, Kabupaten Gresik, Senin (17/12/20218). Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Brigade Evakuasi Popok (BEP) berhasil angkat ratusan popok dari jembatan Legundi, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Limbah popok merupakan limbah berbahaya.

Sebanyak tujuh orang melakukan aksi evakuasi sampah popok. Dengan cekatan, mereka mengambili popok yang menyangkut di tiang jembatan.

"Meski sudah pernah kami bersihkan, Jembatan Legundi dipenuhi sampah popok. Kaki bersihka agar tidak masuk ke badan air Kali Brantas" ungkap Koordinator BEP, Azis.

Menurutnya, masuk musim hujan sampah menjadi penyebab tersumbatnya saluran air dan screen penyaring PDAM Gresik dan PDAM Surabaya. Sebab, di dua saluran PDAM di Karang pilang tersumbat sampah popok.

"Kami berharap agar masyarakat tidak membuang sampah popok ke saluran air atau ke Sungai Brantas karena akan menyumbat intake PDAM," tukan alumnus Fakultas Hukum Ubhara itu.

Selain melakukan aksi bersih-bersih sampah popok, BEP juga mengajak masyarakat yang melintas Jembatan Legundi, untuk tidak membuang sampah popok ke sungai dengan beberapa spanduk dan poster. Di antaranya bertuliskan, Tobato Ning Ojok Buwang Sampah Popok ke Sungai.

Sementara itu, anggota BEP Cendy Claudia berharap agar Pemerintah Kabupaten Gresik, dan Pemprov Jatim, memasang jaring vertikal di tiang jembatan. Sehingga masyarakat tidak punya akses untuk buang sampah ke sungai.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7565 seconds (0.1#10.140)