PDIP-Golkar, Miliki Tingkat Popularitas dan Elektabilitas yang Tinggi

Senin, 17 Desember 2018 - 21:55 WIB
PDIP-Golkar, Miliki Tingkat Popularitas dan Elektabilitas yang Tinggi
PDIP-Golkar, Miliki Tingkat Popularitas dan Elektabilitas yang Tinggi
A A A
JAKARTA - PDIP - Golkar, Parpol Lama yang Miliki Tingkat Popularitas dan Elektabilitas Tinggi

PDI Perjuangan dan Partai Golkar menjadi dua partai paling banyak dipilih atau tingkat popularitasnya paling tinggi dibanding dengan partai lain.

Ini adalah hasil dari survei East Time On Schedule (ETOS) Institute.Survei ini dilakukan terhadap partai politik di enam kota besar yakni Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan Bandung 1-15 Desember 2018 ini.

Survei dilakukan untuk mengetahui tingkat popularitas dan elektabilitas partai politik.
Direktur Infokom ETOS Institute Rahmat Shaleh mengatakan, dari berdasarkan survei terhadap masyarakat yang memiliki hak pilih suara pada Pemilu 2019.

Partai-partai politik lama seperti PDIP dan Golkar merupakan partai yang paling banyak dipilih oleh masyarakat atau tingkat popularitasnya paling tinggi dibanding dengan partai lain.

"Partai-partai politik lama seperti Golkar, PPP dan PDIP dikenal oleh 99 persen responden, pengecualian terjadi pada Partai Demokrat yang juga dikenal oleh 99 persen responden," kata Rahmat di kantor Graha Jurnalis, Jakarta Selatan, Senin (17/12).

Alasan masyarakat juga banyak yang memilih Demokrat karena adanya sosok seorang pemimpin partai yang sangar dikenal oleh masyarakat Indonesia, khusunya enam kota tersebut."Disebabkan oleh figur SBY dan masa 2 kali pemerintahannya," ujarnya.

Lalu, untuk berada diurutan keempat ditempati oleh partai pimpinan Prabowo Subianto (Gerindra). Dalam survey tersebut, Gerindra memiliki suara sebanyak 96 persen responden.

"Partai baru yang cukup cepat dikenal responden adalah Partai Perindo 81%, Berkarya 66% & PSI 57%. Angka popularitas ketiga partai justru mengungguli tingkat popularitas partai terdahulu seperti PBB 67% dan PKPI 53%. Sedangkan Partai Garuda hanya dikenal oleh 3% responden saja," ujarnya.

Bukan hanya dalam tingkat popularitas saja, PDIP juga unggul dari partai lain berdasarkan tingkat elektabilitas partai politik.

"PDIP dipilih oleh 21,2 persen responden, disusul oleh Gerindra 19,8 persen, Golkar 16,1 persen, Demokrat 14,9 persen, PKB 6,7 persen, NasDem 3,1 persen, PAN 2,9 persen, Perindo 2,6 persen, PKS 2,3 persen, PPP 2,1 persen, Berkarya 1,9 persen, PSI 1,7 persen, Hanura 1,6 persen, PBB 1,4 persen, PKPI 1,1 persen, Garuda 0,4 persen," terangnya.

Jika batas ambang parlemen adalah 4 persen, maka hanya lima partai politik saja yang dipastikan lolos yakni PDIP, Gerindra, Golkar, Demokrat dan PKB.

"Tapi jika margin error dari survey ini adalah 2,9 persen, maka amat mungkin muncul partai lain yang juga lolos dari ambang batas parlemen," katanya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5988 seconds (0.1#10.140)