Mbiz Bidik Segmen Medium Enterprise

Rabu, 19 Desember 2018 - 16:01 WIB
Mbiz Bidik Segmen Medium Enterprise
Mbiz.co.id akan memperluas pasar dengan menggarap segmen perusahaan menengah atau medium enterprise.Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Perusahaan rintisan (startup) Grup Lippo, PT Brilliant Ecommerce Berjaya atau Mbiz.co.id akan memperluas pasar dengan menggarap segmen perusahaan menengah atau medium enterprise.

Segmen ini dianggap potensial karena di Indonesia jumlahnya mencapai jutaan.
Selama ini, vendor dari Mbiz merupakan perusahaan besar atau large enterprise yang berskala nasional hingga internasional.

Mbiz sendiri merupakan layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik (e-procurement) yang terintegrasi. Aplikasi ini menawarkan layanan pengelolaan anggaran, proses persetujuan, order, fulfillment tracking, pembayaran, hingga spend reporting dan analisis di dalam satu platform.

Model bisnis tersebut dinilai mampu meminimalisasi potensi korupsi dalam pengadaan barang dan jasa. “Fokus kami menyasar pasar Business to Business (B2B). Jadi pembelian harus paketan, tidak eceran. Saat ini kami mencoba membidik segmen usaha menengah,” kata Chief Commercial Officer Mbiz, Andik Duana Putra, Rabu (19/12/2018).

Saat ini, Mbiz sudah menggaet 4.000 vendor yang menyediakan 90.000 produk atau stock keeping unit (SKU). Selama dua tahun berdiri, Mbiz mampu membukukan total transaksi bersih atau nett merchandise value (NMV) senilai Rp2 triliun.

Layanan Mbiz sudah digunakan oleh 200 perusahaan dan ribuan pengguna individu. Produk yang tersedia dibagi dalam 11 kategori, yakni peralatan industri, mesin dan bahan baku, otomotif dan transportasi,elektronik dan telekomunikasi, peralatan rumah dan lainnya.

“Dalam setahun, rata-rata pertumbuhan bisnis kami mencapai 400 persen. Ini karena belum banyak pesaing. Mayoritas e-commerce focus pada segmen B2C (Business to Consumer),” terangnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2865 seconds (0.1#10.140)