Ini Langkah Hemat dan Tepat Berpergian ala Backpacker

Selasa, 25 Desember 2018 - 08:58 WIB
Ini Langkah Hemat dan Tepat Berpergian ala Backpacker
Banyak orang enggan merayakan libur akhir tahun di luar kota hanya karena masalah bujet. Namun, hal ini bukan halangan karena Anda tetap bisa liburan dengan gaya backpacker yang lebih hemat.Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Libur telah tiba namun banyak orang enggan merayakan libur akhir tahun di luar kota hanya karena masalah bujet.

Namun, hal ini bukan halangan karena Anda tetap bisa liburan dengan gaya backpacker yang lebih hemat. Apalagi, di akhir tahun, terdapat banyak promo tiket kereta yang bisa Anda manfaatkan untuk menekan bujet perjalanan.

Akhir tahun adalah momen tepat untuk menghilangkan penat dan stres dari rutinitas pekerjaan sejenak. Jangan sia-siakan waktu yang ada hanya untuk berdiam diri di rumah. Bagi yang berencana liburan, simak tips berikut agar liburan ala backpacker Anda berjalanlancar!

Tentukan destinasi lokasi wisata

Destinasi wisata merupakan salah satu hal terpenting dari perencanaan liburan akhir tahun. Mengingat bujet liburan yang dimiliki terbatas, pilih tujuan wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh dan tidak menguras isi kantong. Jangan lupa cari info sebanyak-banyaknya tentang destinasi wisata tersebut.

Misalkan, pilihlah Bandung, Yogyakarta, Semarang, atau Lombok sebagai tujuan wisata karena dikenal memiliki ragam pilihan menu kuliner yang lezat dan ramah di kantong. Selain itu, kota-kota tersebut punya banyak tempat wisata menarik dengan biaya tiket masuk yang murah meriah, bahkan gratis untuk dikunjungi. Seperti pantai, gunung, atau taman kota, di mana selain bisa bersantai dan berfoto-foto sampai puas, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah.

Pilih transportasi yang murah

Gunakan kereta api sebagai pilihan transportasi utama ketika liburan ala backpacker. Harga tiketnya cukup terjangkau bagi semua kalangan sehingga dapat menekan alokasi dana liburan Anda. Selain itu, perjalanan naik kereta api juga cukup nyaman, meski hanya kelas ekonomi.

Trik lain untuk menghemat pengeluaran saat traveling adalah selalu mengecek promo tiket kereta api. Biasanya, ada banyak penawaran promo menarik seperti diskon harga, hadiah langsung, hingga cashback yang ditawarkan untuk periode keberangkatan tertentu.Jadi, jangan malas untuk mencari info promo tiket kereta api yang ada di situs web PT KAI atau online travel agent (OTA) setiap hari.

Cari penginapan yang murah

Selain biaya transportasi, penginapan juga menguras sebagian besar bujet liburan. Oleh karena itu, hal ini perlu Anda siasati dengan mencari penginapan murah seperti hostel, homestay, atau penginapan kelas backpacker. Lalu, jangan ragu untuk membandingkan harga sewa dan fasilitas setiap penginapan supaya tak salah pilih.

Jadi, pintar-pintarlah mencari penginapan murah dengan fasilitas yang tak kalah dari hotel. Seperti di Jogja, Anda bisa menjumpai penginapan murah dan bagus di kawasan Malioboro, Jalan Prawirotaman, dan Jalan Sosrowijayan.

Pergi beramai-ramai

Dari pada solo backpacking, pergi liburan dengan banyak orang bisa menjadi lebih murah. Alasannya, Andabisa berbagai pengeluaran seperti biaya penginapan dan sewa mobil bisa dibayar secara patungan dengan sama rata.

Makanya, cobalah mengajak teman atau saudara Anda lainnya.Semakin banyak orang yang ikut traveling, semakin hemat pula biayanya. Lagi pula, pergi liburan beramai-ramai lebih seru karena ada orang yang bisa diajak ngobrol atau dimintai tolong untuk mengambilkan foto.

Meskipun biaya untuk berlibur saat ini semakin mahal, terlebih di high season, bukanlah hal mustahil untuk tetap liburan. Anda bisa mencoba gaya backpacker yang bujetnya murah tetapi tetap memungkinkan Anda mendapatkan pengalaman yang terbaik. Jadi, jika Anda memiliki agenda liburan yang belum terwujud karena masalah modal, kelima tips di atas bisa diaplikasikan.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7690 seconds (0.1#10.140)