Lagi, Luapan Kali Lamong Genangi Kawasan Gresik Selatan

Rabu, 27 Mei 2020 - 21:34 WIB
loading...
Lagi, Luapan Kali Lamong Genangi Kawasan Gresik Selatan
Kondisi banjir di wilayah Kecamatan Balongpanggang. Foto/Dok.SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Gresik selatan kembali digenangi luapan Kali Lamong, Rabu (27/5/2020). Beberapa desa di Kecamatan Balongpanggang, tergenang. Air mulai menggenangi rumah warga sekitar pukul 03.00 WIB.

(Baca juga: Dari PSBB, Malang Raya Bisa Persiapan Transisi Normal Baru )

Di Desa Banjaragung dan Wotansari misalnya, jalan penghubung kedua desa itu terendam. Meski banjir tidak terlalu besar, masyarakat juga mengantisipasi banjir susulan akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. Warga setempat tetap memilih tinggal di rumahnya masing-masing.

"Sudah sering banjir seperti ini. Masyarakat disini sudah terbiasa sehingga tetap berada di rumah," kata Sekretaris Desa Wotansari, Kasman.

Dia menyebutkan, wilayah yang paling terdampak adalah Dusun Tlatah. Lokasinya dekat dengan bantaran Kali Lamong. Ada sekitar 15 rumah yang terendam. Sementara puluhan lainnya hanya terdampak di bagian dapur dan halaman.

"Total sekitar 65 rumah warga yang terdampak. Yang paling parah hanya belasan," ungkap Kasman. Meski dilanda banjir, dirinya bersyukur tidak sampai membuat petani gagal panen. Sebab, tidak merendam seluruh area persawahan.

Sementara itu, anggota BPBD Kabupaten Gresik, Atmari menyebutkan, banjir Kali Lamong juga merendam wilayah Kecamatan Benjeng. Salah satunya Desa Sedapurklagen. Jalan poros desa tergenang sekitar 25 cm. "Ada sekitar 20 rumah yang juga terdampak. Tapi banjir sudah mulai berangsur surut," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)