Teh Kangra, Lezat dan Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Kamis, 28 Mei 2020 - 11:45 WIB
loading...
Teh Kangra, Lezat dan Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Teh Kangra Diklaim Efektif Tingkatkan Kekebalan Tubuh untuk Lawan COVID-19. Foto/iStock Images
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan di Institute of Himalayan Bioresource Technology (IHBT) yang berbasis di Palampur, Himachal Pradesh, India, menyebut, bahan kimia dalam teh kangra diklaim efektif meningkatkan kekebalan tubuh karena dapat memblokir aktivitas virus corona secara lebih baik daripada obat anti-HIV.

(Baca juga: PSBB Malang Raya Cukup Sekali, Lanjut ke Masa Transisi )

Laman Times Now News menyebut, klaim tersebut dibuat sebagai protokol revisi dari Dewan Penelitian Medis India (ICMR) yang kemungkinan bakal menggantikan hydroxychloroquine (HCQ) dengan obat anti-HIV untuk meningkatkan kekebalan dan mengurangi replikasi virus.

"Dengan menggunakan model berbasis komputer, para ilmuwan menyaring 65 bahan kimia bioaktif atau polifenol yang dapat mengikat protein virus tertentu secara lebih efisien daripada obat anti-HIV yang tersedia secara komersial yang disetujui untuk mengobati pasien COVID-19. Bahan kimia ini mungkin menghalangi aktivitas protein virus yang membantu virus untuk berkembang di dalam sel manusia," kata Direktur IHBT, Kumar.

IHBT juga telah memproduksi dan memasok pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung ekstrak teh serta minyak aromatik alami melalui mitra teknologinya. Lembaga ini sudah mengembangkan sabun herbal dengan ekstrak teh, saponin alami dan tanpa SLES (sodium laureth sulphate), SDS (sodium dodecyl sulphate), dan minyak mineral.

Sabun tersebut memberikan manfaat antijamur, antibakteri, pembersihan, dan pelembab. Sabun sedang diproduksi dan dipasarkan oleh dua perusahaan yang berbasis di Himachal Pradesh.

"Proses produksi katekin teh telah ditransfer ke M/s Baijnath Pharmaceuticals serta Ready to Serve Tea and Tea Wine, yang bisa menjadi pengganti teh Kangra," tambah Dr. Kumar.

Katekin sendiri merupakan antioksidan alami yang bisa membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lain. Pada kesempatan ini, teknologi cuka teh telah dipindahkan ke perusahaan yang berbasis di Dharmshala.

Cuka teh memiliki sifat antiobesitas. Juga Herbal Green dan Black Tea yang dicampur dengan bahan herbal yang direkomendasikan oleh AYUSH. Produk-produk ini bisa sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan terhadap COVID-19, menurut para ilmuwan IHBT.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)