alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Masyarakat Diminta Tenang

Rasyid Ridho
Gunung Anak Krakatau Erupsi, Masyarakat Diminta Tenang
Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda mengalami peningkatan dan erupsi, masyarakat diminta tenang dan tetap waspada. Foto/Ist.

SERANG - Masyarakat diminta tenang, meski pun Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, mengalami peningkatan serta erupsi. Pasalnya, erupsi hanya berdampak di sekitar kawah.

"Masyarakat harap tenang dan tetap waspada, kami juga himbau supaya tak ada warga yang mendekat anak krakatau radius 5 kilometer dari pusat kawah," kata Kepala Pos Pengamatan GAK Pasauran, Cinangka, Serang, Deny Mardiono. Jumat (4/1/2019).

Hari ini, kata Deny, GAK tercatat sudah tejadi erupsi sebanyak 37 kali dengan rata rata ketinggian kolom abu vulkanik mencapai 200 hingga 2000 meter.



Berdasarkan pantaun visul, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 14 mm dan durasi ± 3 menit 7 detik.

"Asap kelabu hitam instensitas tebal, letusannya seperti itu vertikal dulu lalu menyebar ke tubuh gunung," katanya.

Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi, Masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 km dari kawah.



(eyt)

loading...