Empal Gentong Khas Cirebon, Ini Resep dan Cara Mengolahnya

Sabtu, 05 Januari 2019 - 08:11 WIB
Empal Gentong Khas Cirebon, Ini Resep dan Cara Mengolahnya
Empal Gentong menjadi salah satu menu khas Cirebon. Untuk menikmatinya, Anda bisa membuatnya di rumah. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Nusantara begitu kaya akan resep kuliner yang rasanya nikmat dan lezat. Salah satunya, Empal Gentong yang merupakan makanan khas Cirebon, Jawa Barat.

Menu ini dimasak menggunakan kayu bakar dengan wadah gentong. Daging yang digunakan adalah daging sapi, usus, dan babat. Makanan ini disajikan menggunakan kucai dan sambal dengan bahan dasar cabai kering giling.

Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau lontong. Sekilas, makanan ini mirip dengan gulai. Untuk menikmati tak perlu jauh-jauh ke Cirebon, Anda bisa membuat makanan ini sendiri di rumah. Berikut resep membuatnya seperti dikutip Tastemade.

Bahan-bahan:
500 g daging sapi (has, sandung lamur, atau kikil)
300 g jeroan (babat, paru, usus)
500 ml santan
Minyak goreng

Bumbu:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ sdt lada putih
2 cm kunyit
5 butir cengkeh
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun salam
3 butir kemiri
Garam secukupnya
Lada secukupnya

Pelengkap:
Bawang goreng
Kucai
Kerupuk kulit
Jeruk nipis

Cara membuat:
Rebus daging dan jeroan secara terpisah dengan api kecil sampai empuk. Tiriskan, sisihkan kaldu rebusan daging untuk kuah empal gentong. Rebusan jeroan sebaiknya dibuang. Daging dan jeroan dipotong dadu. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, lada putih, garam, dan kemiri.

Tumis dengan sedikit minyak sampai harum. Masukkan serai, daun salam, dan cengkeh, tumis sebentar lagi. Campurkan tumisan dengan kaldu. Masukkan potongan daging dan jeroan, masak dengan api kecil hingga mendidih. Sajikan dengan rajangan kucai, bawang merah goreng, dan bubuk cabai merah. Empal Gentong siap dihidangkan.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.3267 seconds (0.1#10.140)