New Normal, Masuk Plaza Marina Surabaya Wajib Pakai Pelindung Wajah

Sabtu, 30 Mei 2020 - 06:32 WIB
loading...
New Normal, Masuk Plaza Marina Surabaya Wajib Pakai Pelindung Wajah
Pengunjung mengenakan Face Shield saat berburu perangkat telekomunikasi di Plaza Marina Surabaya, Jumat (29/5/2020). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Meskipun skenario New Normal Life belum benar-benar diterapkan oleh pemerintah, Plaza Marina Surabaya sudah menerapkan protokol super ketat bagi para pengunjung dan seluruh karyawan.

Setiap orang yang masuk mall tidak cukup hanya menjalani ritual pencegahan corona yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, namun juga diwajibkan memakai Face Shield atau pelindung wajah.

General Manajer Plaza Marina, Fransisca Maria Budiman, mengatakan, diwajibkannya pemakaian pelindung wajah tersebut sebagai upaya menjaga keamanan dan keselamatan baik pengunjung, tenant, maupun semua karyawan dari penularan wabah virus corona. (Baca juga: Pembukaan Mal Belum Jelas, Pengusaha: Kita Tidak Memaksa )

"Bahkan saya tidak berpikir bahwa ini New Normal. Saya hanya tidak mau Plaza Marina jadi klaster penularan baru virus Corona," kata Fransisca Maria Budiman kepada SINDOnews.com, Jumat (29/5/2020).

Menurut dia, pemakaian Face Shield merupakan salah satu cara yang efektif untuk diterapkan, mengingat Plaza Marina merupakan salah satu pusat perbelanjaan telekomunikasi. Meskipun social distancing sudah diterapkan, namun interaksi antara calon pembeli dengan penjual susah dihindari.

Dia menjelaskan, interaksi di pasar handphone tidak seperti swalayan lain yang tidak perlu dikawal oleh SPG. Sedangkan pasar handphone harus menjelaskan fitur-fitur handphone, sehingga tidak mungkin bisa selalu menjaga jarak satu meter. Antara pembeli dan SPG harus mendekat dan mengedukasi bagaimana hp difungsikan.

"Sehingga saya berpikir paling aman pakai Face Shield. Mau berjalan tidak sampai 1 meter, selama pakai Face Shield dengan benar maka sudah terlindungi. Bahkan double protection dengan tidak menanggalkan masker," kata dia.

Zulfikar, seorang pengunjung Plaza Marina mengakui apa yang diterapkan oleh Plaza Marina cukup efektif untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penularan virus Corona. Dengan mengenakan pelindung wajah bersama-sama, menjadikan suasana di dalam plaza juga cukup langka dan menarik.

"Ini bisa dijadikan contoh mall-mall lain," kata di singkat.

Pantauan di lapangan, seruan wajib memakai Face Shield bagi para pengunjung Plaza Marina sudah digaungkan sejak di parkiran. Para pengunjung yang tidak memiliki Face Shield, diarahkan untuk membeli Face Shield produk UMKM didekat pintu masuk mall dengan harga yang sangat terjangkau.

Setelah mengenakan Face Shield, pengunjung harus mencuci tangan di wastafel, melintasi bilik sterilisasi, cek suhu tubuh dan hand sanitizer.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)