Walah! Takuti Korbannya, Pencuri Ini Beraksi Sambil Telanjang

Rabu, 09 Januari 2019 - 19:08 WIB
Walah! Takuti Korbannya, Pencuri Ini Beraksi Sambil Telanjang
Suprapto digelandang polisi setelah berhasil membobol delapan rumah di Perumahan Astapada I, dan Perum Tambakrejo Asri, di Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Foto/SINDONews/Tritus Julan
A A A
JOMBANG - Aksi pencurian yang dilakukan Suprapto ini terbilang nyeleneh. Bagaimana tidak, pria berumur 38 tahun tersebut memilih telanjang saat melakukan aksinya.

Para korbannya sempat menyebut jika pelaku pencurian di sejumlah rumah di Perumahan Astapada I, dan Perum Tambakrejo Asri, di Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, itu dilakukan oleh babi ngepet.

Setelah ditangkap polisi, motif nyeleneh itupun terkuak. Aksi telanjang yang dilakukan pria warga Desa Joketro, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, hanya untuk menakuti para korbannya saat beraksi.

Suprapto ditangkap jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang, setelah delapan kali berhasil membobol rumah milik warga. Ia berhasil menggondol ratusan juta rupiah dan sejumlah benda berharga.

Aksi Suprapto pun sempat tepergok beberapa warga, namun ia berhasil meloloskan diri. Warga mengaku, saat melancarkan aksinya, tersangka hanya mengenakan celana dalam.

Kepala Satuan Reserse Polres Jombang, AKP Gatot Setya Budi mengatakan, penangkapan terhadap pelaku dilakuakan setelah polisi menerima aduan dari masyarakat.

Walah! Takuti Korbannya, Pencuri Ini Beraksi Sambil Telanjang


Sebelumnya, warga Perumahan Astapada I, dan Perum Tambakrejo Asri, menilai jika pelaku pencurian itu adalah babi ngepet. Menyusul ada beberapa warga yang sempat memergoki aksi tersangka yang bertelanjang.

Namun menurut Gatot, tersangka merupakan pencuri biasa yang hanya ingin menakuti korbannya, dengan cara hanya mengenakan celana dalam saat beraksi.

"Jadi, bukan babi ngepet. Itu (aksi telanjang) hanya untuk menakuti saja. Sementara pelaku juga mengaku takut melakukan aksi pencurian itu, meski sudah berulangkali melakukan aksi," terang Gatot, usai pres rilis di Polres Jombang, Rabu (9/1/2019).

Aksi pencurian pertama dilakukan tersangka usai dirinya menyetorkan kelapa ke Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, beberapa waktu lalu. Saat pulang, Suprapto menumpangi bus jurusan Tuban-Jombang.

Namun, bus yang ditumpanginya dioper di SPBU Tembelang. Suprapto yang kebelet buang air kecil, lantas turun dan ke kamar kecil SPBU. Saat keluar, ternyata bus yang ditumpanginya sudah tidak ada.

Setelah ketinggalan bus itu, ia memilih nongkrong di warung kopi dekat Perumahan Astapada I. Dari situlah kemudian terbersit untuk melakukan pencurian yang pertama kali.

Dan ia memilih melepas baju dan celananya saat beraksi. Aksi pertama berhasil, ia lantas mengulanginya hingga berhasil membobol delapan rumah warga di dua perumahan.

Aksi telanjang kali pertama, karena tersangka kehujanan sehingga melepas seluruh pakaiannya dan tinggal celanda dalam saja. Aksi itu sempat tepergok seorang wanita pemilik rumah calon korbannya.

"Dia (tersangka) tidak punya ilmu apa-apa. Setelah mendapatkan laporan dari warga, kita langsung melakukan penyelidikan dan berhasil membekuk pelaku. Sejak itu, pelaku kami amankan," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6159 seconds (0.1#10.140)