alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gawat! Partisipasi Pemilu 2019 Diprediksi Bakal Menurun

Ali Masduki
Gawat! Partisipasi Pemilu 2019 Diprediksi Bakal Menurun
Pelajar mempraktekkan pencoblosan saat mengikuti Sosialisasi Pemilih Pemula di SMKK St Louis, Tidar Surabaya, beberapa waktu lalu. Foto/SINDONews/Ali Masduki

SURABAYA - Riset Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan, hanya 11,8 persen responden yang mampu menyebutkan lengkap tanggal, bulan, serta tahun pelaksanaan Pemilu 2019.

Kondisi ini sangat memprihatinkan, mengingat pelaksanaan Pemilu 2019 tinggal menghitung hari saja.

Direktur Riset SSC Edy Marzuki mengungkap, masih banyak jumlah masyarakat yang belum paham kapan pastinya Pemilu 2019 dilaksanakan.



"18.2 persen hanya mampu menyebutkan bulan dan tahun saja. Sementara 35.2 persen hanya mampu menyebutkan tahunnya saja. Sedangkan 35.8 persen sisanya mengaku tidak tahu atau tidak menjawab," papar Edy Marzuki.

Fenomena itu menunjukkan, jika proses sosialiasi yang dilakukan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pemilu masih kurang maksimal atau kurang tepat sasaran.

"Tapi tentunya tidak bisa hanya menyerahkan terkait hal itu kepada KPU semata selaku pelaksana Pemilu," jelasnya.

Menurur Edy, seluruh pihak yang berkaitan dengan proses pesta demokrasi harus bahu membahu, memberikan proses sosialisasi kepada masyarakat.

Siapa saja seluruh pihak itu? Ya mulai KPU, Parpol, para Caleg, dan kandidat pada Pilpres. "Karena kalau tidak, ini bisa-bisa partisipasi publik di Pemilu bisa rendah dan menurun," ujarnya.

Temuan itu, kata Edy berdasarkan survey yang dilaksanakan mulai 10-20 Desember 2018 di 38 Kab/Kota di Jawa Timur. Riset menggunakan 1070 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.



(eyt)

loading...