alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wow! Bos Apple Terima Bonus Terbesar Rp168 Miliar

Okezone
Wow! Bos Apple Terima Bonus Terbesar Rp168 Miliar
Bos Apple Tim Cook tahun ini menerima bonus terbesarnya, yaitu Ro168 miliar. Foto/dok

WASHINGTON - Angka yang cukup besar diterima Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook sebagai bonus. Tim Cook mengumpulkan bonus tahunan terbesarnya untuk 2018. Bonus ini diterima setelah produsen iPhone itu membukukan rekor pendapatan dan laba serta nilai pasar yang sempat menyentuh USD1

Cook menerima bonus USD12 juta atau setara Rp168 miliar untuk tahun fiskal 2018 yang berakhir 29 September, menurut dokumen yang dirilis perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu. Dia juga punya pendapatan USD3 juta dan saham senilai USD121 juta dari penghargaan saham 10 tahunnya, membuatnya membawa total USD136 juta (Rp1,9 triliun), serta benefit sekitar USD682.000.

Bonus itu terkait pendapatan dan target pendapatan operasional yang keduanya naik 16% dari tahun sebelumnya. Di sisi lain, ada tantangan yang tampaknya dihadapi Apple tahun ini karena prestasi tahun lalu sepertinya sulit terulang.



Pada Agustus lalu, Tim Cook memperoleh bonus 560.000 saham dan segera men jual semuanya. Dalam dokumen yang dirilis, Cook menyatakan dirinya menjual 265.160 saham senilai sekitar USD57,8 juta secara tunai, dalam serangkaian transaksi. Dia menjual sisa saham barunya, 294.840 saham senilai sekitar USD63,7 juta untuk membayar pajak dalam transaksi itu.

Cook yang telah memimpin Apple selama 11 tahun itu dapat memperoleh lagi 560.000 saham per tahun untuk tiga tahun berikutnya jika dia terus konsisten mencapai target kinerjanya. Apple menjadi perusahaan publik paling bernilai saat ini, dengan Wall Street menilai perusahaan itu sekitar USD1 triliun.

Cook juga dapat meyakinkan investor legendaris Warren Buffett dengan visinya. Buffett telah melakukan pembelian selama dua tahun dan sekarang memiliki salah satu saham institusional terbesar di Apple. Bonus-bonus yang diterima Cook terkait dengan kesepakatan 2013 yang mengaitkan penghargaan sahamnya pada kinerja relatif Apple di Wall Street dan bukan pada kinerja mutlak Apple



(msd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif