Begini Indahnya Air Terjun di Atas Awan, Terinting di Kalbar

Sabtu, 12 Januari 2019 - 10:26 WIB
Begini Indahnya Air Terjun di Atas Awan, Terinting di Kalbar
Keindahan Air Terjun Terinting (Foto: Instagram)
A A A
PONTIANAK - Kalimantan Barat (Kalbar) menyimpan banyak destinasi wisata menarik untuk dieksplor. Pulau terbesar di Nusantara ini memiliki kekayaan alam tropis di setiap sudut hutan Borneo.

Salah satunya air terjun yang terkenal dengan julukan negeri di atas awan bernama Terinting. Air Terjun Terinting atau yang akrab disebut rombo terintik merupakan keindahan alam yang dimiliki Kalbar. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 50 meter dan terletak di ujung Kabupaten Landak, Kecamatan Air Besar, Desa Sempatung Lawuk, atau lebih familiar terletak di daerah Serimbu.

Air terjun ini terlihat menarik dan berbeda dari lainnya karena berada di ketinggian. Dari air terjun ini, Anda dapat melihat pemandangan perbukitan nan hijau hingga hamparan awan yang menakjubkan. Seolah, Anda berada di atas awan.

"Air Terjun Negeri di atas awan Terinting, salah saru air terjun terindah di Indonesia. Bukan hal mudah jika ingin menuju air terjun ini, sahabat harus melewati hutan dan tebing yang menanjak. Tapi semua kelelahan akan terbayar lunas tanpa kredit setelah berada di lokasi air terjun ini. Sejauh ini, memang Air Terjun Terinting menjadi rekomendasi terbaik buat sahabat yang ingin menikmati paket komplit, antara suasana air terjun, hutan lebat, bukit, gunung dan lautan awan secara bersamaan. Keunikan air terjun ini karena berada di atas tebing. Di antara dua sisi akan terlihat air terjun bak tirai menghadap ke hutan lebat, kemudian diselimuti lautan awan. Maka tak heran tempat ini dijuluki Air Terjun Negeri di Atas Awan. Biasanya, awannya akan terlihat lebih tebal di pagi hari," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Sabtu (12/1/2019).

Untuk mencapai air terjun ini, traveler harus mendaki dan melewati jalan yang agak sulit. Butuh waktu tujuh hingga delapan jam untuk pemula yang ingin menuju Air Terjun Terinting. Jika sudah sampai di atas bukit, disarankan untuk bermalam di penginapan setempat atau tenda. Hal tersebut untuk mendapatkan momen terindah saat sunrise muncul di balik celah awan.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Pontianak. Maka jalur yang akan ditempuh yaitu Pontianak menuju Kabupaten Landak atau daerah Ngabang. Waktu diperkirakan sekitar empat sampai lima jam dengan kecepatan 60-40 km per jam.

Setelah itu, Anda menuju daerah serimbu hingga mencapai Dusun Engkangin dan Dusun Jamu sebagai tempat peristirahatan. Untuk sampai ke sana juga membutuhkan waktu sekitar kurang lebih dua jam. Kemudian melanjutkan perjalanan lagi selama enam hingga tujuh jam di jalur setapak dan mendaki. Bagaimana, siap berpetualang menikmati keindahan air terjun di atas awan?
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6064 seconds (0.1#10.140)