Tanpa Kopling Lama, Harley-Davidson Jadi Primadona di CES 2019

Minggu, 13 Januari 2019 - 09:15 WIB
Tanpa Kopling Lama, Harley-Davidson Jadi Primadona di CES 2019
Harley-Davidson memamerkan sepeda motor listrik LiveWire di Consumer Electronics Show (CES) 2019. FOTO/ Ist
A A A
LAS VEGAS - Ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang diadakan di Las Vegas menjadi lokasi dipamerkannya Harley-Davidson dalam tipe sepeda motor listrik Live Wire

Sepeda motor terbaru ini tidak lagi menggunakan konsep roda gigi dan kopling yang lama, tetapi hanya membutuhkan masa pakai mesin dan kecepatan throttle untuk berakselerasi dan mampu mencapai kecepatan 120 mil per jam.

Motor itu mampu mencapai kecepatan dari 0 hingga 60mph dalam 3,5 detik, kata Harley-Davidson.

Demonstrasi sepeda motor diadakan di tempat pameran Panasonic dan sekali melihat model terbaru ini sangat berbeda dari bentuk biasa dari perusahaan sepeda motor.

Saat ini motor LiveWire belum dijual tapi berada dalam masa eksperimen di mana motor ini berada dalam masa mendapatkan masukan dari para pengendara Harley untuk peningkatan dan perbaikan produk sebelum dipasarkan.

Sebenarnya LiveWire sudah siap untuk dikendarai, bahkan performanya pun oke punya yaitu dapat mencapai kecepatan 92 mil per jam dan dapat berakselerasi dari 0 ke 60 mil / jam dalam 4 detik saja. Tapi jarak tempuh dari sepeda motor ini belum lah terlalu jauh, hanya 55 mil dalam penggunaan mode economy dan sejauh 33 mil dalam mode power. Untuk mengisi batere Livewire ini diperlukan waktu 3.5 jam.

Menurut komentar pengendara yang pernah merasakan LiveWire, bisa dikatakan motor ini nyaman untuk dikendarai bahkan sangat mudah untuk menggunakannya. Tanpa perlu susah-susah menaik-turunkan gigi.

Namun di balik kecanggihan dan modelnya yang keren, LiveWire memiliki tantangan untuk menarik para pengendara Harley yaitu dalam hal “suara”. Karena motor ini adalah jenis motor listrik maka dipastikan akan tanpa suara, tapi justru ini yang membuat para penyuka Harley bisa berpikir dua kali untuk membelinya. Pasalnya para pencinta Harley sangat menyukai suara menggelegar Harley.

Selain itu, para insinyur Harley Davidson saat ini juga tengah mengembangkan baterai bertenaga besar namun memiliki dimensi kecil. Hal ini bertujuan untuk menempatkan baterai pada ruang ideal sepeda motor.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3331 seconds (0.1#10.140)