Dapur Umum Swadaya Desa Buduran Diharapkan Dicontoh Daerah Lain

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:21 WIB
loading...
Dapur Umum Swadaya Desa Buduran Diharapkan Dicontoh Daerah Lain
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji (tengah) saat mengunjungi dapur umum Swadaya Desa/Kecamatan Buduran.Foto/Yoyok Agusta
A A A
SIDOARJO - Ketahanan pangan menjadi salah satu kunci keberhasilan Kampung Tangguh Semeru dalam menekan penyebaran Covid-19.

Tidak hanya tersedianya lumbung pangan, melainkan juga bagaimana peran gotong royong warga dalam mengelola kebutuhan makanan bagi warga terdampak.

Seperti nampak di RW 02, Desa Buduran, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Guna mendukung Kampung Tangguh Semeru, di desa ini telah didirikan dapur umum dengan cara swadaya,. Dapur umum swadaya ini diklaim menjadi satu-satunya di Kabupaten Sidoarjo. Berdirinya dapur umum tersebut, untuk membantu kebutuhan pangan bagi warga setempat yang terdampak Covid-19.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengapresiasi keberadaan dapur umum ini. Minggu (31/5/2020) dia mengunjungi dapur umum desa ini dan disambut baik Koordinator Kampung Tangguh RW 02 Desa Buduran, Tri Agustiono dan Koordinator Dapur Umum Ny. Ningsih serta relawan dan ibu-ibu PKK yang terlibat langsung ikut memasak di dapur umum.

“Saya sangat bangga, karena ini merupakan bentuk kepedulian warga dalam membantu pemerintah untuk memerangi penyebaran covid-19. Saya berpesan yang sehat harus tetap sehat, sedangkan yang sakit harus bisa sembuh," ujar Sumardji.

Ia menambahkan, dapur umum di kawasan RW 02, Desa Buduran bisa menjadi contoh untuk desa lainnya, selain menerapkan isolasi mandiri bagi warga yang tidak mentaati protokol kesehatan, kampung ini juga mendirikan posko konsultasi Covid-19.

Posko ini berguna bagi masyarakat yang kurang memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan, serta cara memutus mata rantai Virus Corona, serta mengedukasi masyarakat tentang penularannya antar manusia.

Sementara itu, Tri Agustiono menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Kapolresta Sidoarjo beserta staf dan jajarannya mengunjungi. "Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji, yang berkenan mengunjungi desa kami," ujar Tri Agustiono.

Menurutnya, dapur umum ini dilakukan secara swadaya. Setiap hari ada 300 nasi bungkus didistribusikan pada warga yang membutuhkan. Di antaranya warga yang indekos/pendatang yang tidak bisa pulang, warga lansia dan warga setempat, yang berprofesi supir taksi, pengemudi ojek online (ojol) dan karyawan yang sudah tidak bekerja lagi (dirumahkan).

Harapannya, bantuan ini dapat meringankan beban warga yang sedang terdampak Covid-19. "Kita setiap hari membagikan nasi bungkus sebanyak tiga ratus bungkus, kepada warga yang terdampak convid 19," terangnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5748 seconds (0.1#10.140)