Sajian Nikmat, Legitnya Ketan dengan Topping Aneka Rasa

Minggu, 13 Januari 2019 - 19:11 WIB
Sajian Nikmat, Legitnya Ketan dengan Topping Aneka Rasa
Jajanan ketan selama ini lebih akrab di lidah orang Jawa. Foto/Ist.
A A A
Di Jawa Timur, ketan biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan bubuk kedelai. Namun, apa jadinya bila ketan disajikan dengan topping beraneka rasa?.

Sajian ketan dengan berbagai varian rasa itu bisa Anda nikmati di Kedai Ketan Punel, Wonokromo, Kota Surabaya.

Sedikitnya ada delapan rasa yang bisa dinikmati. Antara lain ketan dengan bubuk kedelai, gula jawa, serundeng pedas, rainbow (kelapa warnawarni) manis, cokelat susu, dan ketan durian.

Pemilik Kedai Ketan Punel Wahyu Darmawan mengungkapkan, kedai ini awalnya menyajikan ketan dengan topping parutan kelapa. Namun, seiring berjalannya waktu muncul ide membuat ketan dengan topping aneka rasa.

"Ketan itu enak. Kalau disajikan dengan paduan apa saja tetap enak. Karena itu, kami bebas berkreasi untuk disajikan sesuai selera pelanggan. Makan ketan di sini tak akan bosan," ungkap Wahyu.

Yang menarik, kedai yang berada persis di depan Taman Bungkul itu tak hanya menyajikan ketan, minuman pun disajikan dengan cita rasa tradisional. Jenisnya ada skoteng, bandrek, teh hitam, teh stroberi, teh rosella, teh kunyit asam, teh tarik wedang jahe atau bajigur, dan minuman tradisional lain.

Menikmati sajian ketan dan minuman beraroma tradisional di kedai ini semakin asyik dengan suasana tempat yang juga bernuansa tradisional.

Temaram lampu-lampu minyak tampak menerangi meja makan, dan kursi yang terbuat dari bambu serta kayu hingga kembang sedap malam yang menusuk hidung, seakan kita terbawa dalam kenangan suasana kampung.

Kehadiran Kedai Ketan Punel tentu menjadi pilihan kuliner dan alternatif tempat cangkruk (nongkrong) di Kota Pahlawan. Saat KORAN SINDO cangkruk di Kedai Ketan Punel, tampak para pengunjung dari anak-anak, remaja, hingga orang tua, begitu menikmati sajian ketan topping beragam rasa dengan suasana tradisional.

"Dari sekian banyak rasa, saya pesan ketan rasa durian. Penasaran kayak apa sih ketan rasa durian. Begitu tersaji, cocok dengan yang saya bayangkan. Ketan ditaburi kelapa parut, lalu di atasnya diberi tambahan buah durian," ungkap Retno Anggoro, pengunjung asal Semarang.

Menurut Retno, aroma durian nikmatnya terasa "ke mana-mana". Ketan yang disajikan dengan piring yang dialasi daun pisang semakin membuat "merinding" tenggorokan.

Lain dengan Andre. Pengunjung asal Mojokerto itu memilih ketan rainbow. "Ketan rainbow adalah ketan yang ditaburi parutan kelapa warna-warni dengan rasa yang manis. Ketan ini cocok karena berasa original," ungkapnya.

Andre mengaku sering cangkruk di Kedai Ketan Punel karena lokasinya cukup strategis untuk menikmati suasana malam di tengah kota. "Lokasi kedai ini cocok buat cangkruk,sambil menikmati sajian ketan dan minuman tradisional," katanya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4352 seconds (0.1#10.140)