Sahabat UMI, Gerakkan Usaha Ultra Mikro Terdampak COVID-19

Minggu, 31 Mei 2020 - 21:08 WIB
loading...
Sahabat UMI, Gerakkan Usaha Ultra Mikro Terdampak COVID-19
ACT Jawa Timur menyalurkan sedekah modal usaha dalam program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI). Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Krisis kesehatan akibat COVID-19 yang berkepanjangan menimbulkan efek turunan yakni krisis ekonomi. Hal ini dirasakan masyarakat prasejahtera di Surabaya.

(Baca juga: Akhiri PSBB Malang Raya, Tidak Ada Penambahan Positif COVID-19 )

Fitri Nur Hidayati, janda dengan tiga anak yang masih kecil, suaminya meninggal dua tahun lalu. Fitri terpaksa bertahan hidup dengan memulai usaha jasa laundry, dengan mesin cuci hasil santunan kematian suaminya. Sebelum COVID-19 jasa cuci pakaian ini banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa yang kos di sekitar Tambaksari Surabaya.

"Sebelum ada virus Corona, kami masih bisa memenuhi kebutuhan hidup dari laundry, namun semenjak (virus) Corona menyebar, kampus dan sekolah libur tak ada lagi yang mencucikan pakaian di tempat kami" ujar Fitri.

Tim program Aksi Cepat Tanggap akhirnya menyambangi kediaman Bu Fitri untuk menyalurkan sedekah modal usaha dalam program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI). Program ini didesain untuk membantu usaha ultra mikro masyarakat yang tidak memiliki akses permodalan. Program Sahabat UMI ini diharapkan bisa menjadi stimulus untuk menggerakan roda ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

Sahabat UMI, Gerakkan Usaha Ultra Mikro Terdampak COVID-19


Selain Fitri, ada juga dua ibu rumah tangga lainnya yang juga disambangi tim ACT untuk menerima bantuan sahabat UMI ini dalam minggu ini. Yakni, Erna dan Eka Oktavia, keduanya adalah para perempuan tangguh yang masih terus berusaha bertahan dengan usahanya di tengah pandemi.

Kepala Cabang ACT Jawa Timur, Wahyu Sulistianto Putro, menyampaikan bahwa Sahabat UMI ditujukan untuk usaha ultra mikro yang menjadi tulang punggung penghidupan keluarga.

"Kami berharap stimulus sedekah modal usaha ini dapat menggerakan ekonomi keluarga prasejahtera, ke depan akan ada pembinaan untuk penerima manfaat program Sahabat UMI dengan harapan mereka bisa naik kelas," katanya.

Program Sahabat UMI adalah program pemberian sedekah modal kerja dan pembinaan bagi usaha ultra mikro yang terdampak COVID-19. Targetnya ACT Jawa Timur akan memberikan bantuan untuk ratusan perempuan tangguh penggerak usaha mikro Indonesia pada program Sahabat UMI ini.

"Sahabat dermawan dapat ikut berkontribusi dan bersamai perjuangan keluarga prasejahtera dalam menghadapi pandemi, melalui surabaya.indonesiadermawan.id/SahabatUMI," pungkas Wahyu.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)