alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KNKT Sebut CVR Lion Air JT 610 Sudah Terlepas dari Unit Aslinya

Komaruddin Bagja Arjawinangun
KNKT Sebut CVR Lion Air JT 610 Sudah Terlepas dari Unit Aslinya
CVR pesawat Lion Air PK-LQP yang ditemukan di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (14/1/2019).Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKY) menyebutkan, Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air JT610 yang ditemukan pagi tadi sudah terpisah dari unit aslinya.

"CVR ini kalau kita boleh jelaskan sudah terlepas dari unit aslinya. Dan baterai underwater locator beacon (ULB) yang biasanya nempel di depan sini sudah terlepas dari unit ini sehingga inilah yang membuat tantangan kita untuk mencari," ungkap investigator KNKT Ony Soerjo Wibowo di atas KRI Spica, Senin (14/1/2019).

Meskipun sudah terpisah dari unit aslinya, Oby memastikan CVR masih dalam kondisi baik. "Tapi Alhamdulillah dengan seluruh kerja sama tim TNI, KNKT semuanya kita berhasil menemukan ini dalam kondisi yang masih relatif baik," lanjutnya.



KNKT masih akan mencoba mengunduh seluruh data yang ada dalam CVR tersebut. Agar diketahui detail apa isi percakapan antara pilot-copilot dan ATC. "Kita akan coba nanti download di KNKT mudah-mudahan nanti di KNKT kita berhasil untuk mendownload sehingga bisa kita sampaikan kepada masyarakat," tuturnya.

Diketahui, pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) yang digandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air JT-610.

Dengan ditemukannya perekam suara kokpit pesawat yang jatuh di perairan Tanjung Karawang pada 29 Oktober 2018 itu diharapkan bisa menyungkap misteri kecelakaan ini.
(whb)



(msd)

loading...