Minus Striker, Persebaya Siapkan Strategi False Nine

Selasa, 15 Januari 2019 - 11:37 WIB
Minus Striker, Persebaya Siapkan Strategi False Nine
Para pemain Persebaya menjalani sesi latihan sebelum laga menghadapi Persinga.SNDOnews/Ist .
A A A
SURABAYA - Belum ada nama baru di barisan penyerang Persebaya Surabaya, setelah penyerang David Da Silva hijrah ke Korea Selatan.

Tim Bajol Ijo belum juga memiliki sosok penganti. Pekan depan, green force harus menghadapi Persinga Ngawi di babak 32 besar Piala Indonesia. Dari stok pemain yang ada, tak ada satu pun nama striker murni yang dimiliki Persebaya setelah Riky Kayame dan Rishadi Fauzi yang juga meninggalkan Persebaya.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman pun mulai mempersiapkan skema false nine. Skema yang bermain dengan striker palsu itu menjadi satu-satunya opsi yang bisa dipakai dengan tidak adanya stok penyerang murni.

Djanur, panggilan akrabnya, sebenarnya tidak begitu asing dengan false nine. Pada Liga 1 musim musim kemarin, skema tersebut diterapkan saat menjamu Madura United. Saat itu, absennya penyerang utama David Da Silva memaksa green gorce untuk menerapkan strategi false nine.

Mantan arsitek Persib Bandung itu menurunkan winger Osvaldo Haay di tengah didampingi Irfan Jaya di sayap kanan dan Oktafianus Fernando di sayap kiri. Hasilnya, Persebaya menang telak 4-0 atas Madura United.

"Sepertinya saat melawan Persinga belum ada striker baru. Jadi kami akan bermain dengan materi yang ada. Terutama pemain yang telah bersepakat dengan Persebaya," kata Djanur, Selasa (15/1/2019).

Kali ini, Persebaya mempunyai Irfan Jaya dan Oktafianus Fernando. Kedua pemain ini diharapkan bisa memainkan peran sebagai striker palsu untuk mendulang banyak gol bagi Persebaya.

"Untuk lini depan, kami punya Irfan Jaya dan Ofan. Saya juga masih bisa mengubah posisi beberapa pemain, seperti Fandi Eko Utomo dan Rendi Irwan. Mungkin kami siapkan skema seperti dulu, false nine," kata pria asal Majalengka ini.

Djanur juga menyatakan mempertimbangkan memainkan pemain-pemain muda yang berstatus trial. Dari regulasi, kontestan Piala Indonesia bisa diperkuat minimal 18 pemain. "Apakah perlu mengambil (pemain) yang ikut latihan ini atau seperti apa. Masih akan kami lihat lagi," ucapnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2583 seconds (0.1#10.140)