Kubu Prabowo-Sandi Yakin Unggul di Debat Perdana, Ini Alasannya

Kamis, 17 Januari 2019 - 08:40 WIB
Kubu Prabowo-Sandi Yakin Unggul di Debat Perdana, Ini Alasannya
Pasangan Capres Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Debat perdana nanti malam, kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno optimistis bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan unggul. Adapun tema debat perdana di Hotel Bidakara Pancoran Jakarta itu mengenai hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi dan terorisme.

"Kami optimistis Pak Prabowo-Sandi akan unggul di semua tema debat pertama ini," ujar Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhud Aliyudin kepada SINDOnews, Kamis (17/1/2019).

Karena, kata dia, sebagian besar masyarakat merasa bahwa aspek hukum, HAM, korupsi dan terorisme di era Jokowi jalan di tempat dan bahkan cenderung mengalami penurunan.

"Terkait aspek penegakkan hukum, di era Pak Jokowi aspek ini dirasakan tak mengalami kemajuan berarti," kata Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Sebab, lanjut dia, hukum di era Jokowi masih dirasakan tebang pilih, tajam ke bawah dan tumpul ke atas. "Hal ini dibuktikan hasil sejumlah survei yang menunjukkan masih rendahnya kinerja aparat penegak hukum," ujarnya.

Sedangkan bidang HAM, menurut dia, yang paling nyata adalah kasus penyiraman air keras terhadap Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan yang hingga kini belum juga diungkap.

"Di samping maraknya praktik persekusi yang dilakukan kelompok masyarakat terhadap yang berbeda pandangan dengan pemerintah," paparnya.

Begitu juga mengenai pemberantasan terorisme yang dianggap masih jalan di tempat. Bahkan, kata dia, era Jokowi ada kerawanan karena adanya kebijakan kelonggaran mudahnya orang asing masuk ke Indonesia.

"Soal pemberantasan korupsi di era Pak Jokowi diperlihatkan oleh angka indeks persepsi korupsi yang tak bergerak signifikan ke arah perbaikan," ucapnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5447 seconds (0.1#10.140)