Anak-anak Ini Diajak Ikuti Pesta Demokrasi dengan Ceria

Jum'at, 18 Januari 2019 - 14:10 WIB
Anak-anak Ini Diajak Ikuti Pesta Demokrasi dengan Ceria
Simulasi penggunaan hak pilih dalam pemilu ceria bertajuk Presiden Kreatif Untuk Indonesia, di halaman SD Muhamadiyah 16 Surabaya, Jumat (18/01/2019). Foto/SINDOphoto/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Golput atau golongan putih masih menjadi tren di kalangan masyarakat saat hajatan pesta demokrasi digelar bangsa Indonesia. Banyak sebab kenapa masyarakat 'memilih untuk tidak memilih'. Salah satunya adalah minimnya pengetahuan terhadap pemilu itu sendiri.

Menyadari kondisi tersebut, pendidikan politik menjadi penting diajarkan sejak dini bahkan sejak dibangku sekolah dasar. Pendidikan itu di antaranya bagaimana membangun kesadaran pada siswa, tentang hak menentukan pilihan tanpa intervensi orang lain.

"Yang pasti memilih pemimpin itu harus dengan bahagia," kata Humas Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Agus Mulyadi, di sela-sela Assembly Learning pemilu ceria di halaman SD Muhamadiyah 16 Surabaya, Jumat (18/1).

Agus Mulyadi mengatakan, Assembly Learning pemilu ceria bertajuk "Presiden Kreatif Untuk Indonesia" ini bertujuan untuk memberikan pendidikan tentang demokrasi kepada siswa, tanpa melihat suku ras dan agama, serta menjunjung tinggi perbedaan sebagai salah Satu kekayaan Indonesia.

"Tadi terlihat bagaimana siswa-siswi terlibat adu debat saat musyawarah, namun selesai dengan ceria," ujarnya. Seluruh siswa juga melaksanakan tahapan-tahapan pesta demokrasi mulai awal hingga terpilihnya salah satu kandidat.

Tim Inovasi Pengembangan Sekolah Kreatif Heru Tjayono, menjelaskan praktik berdemokrasi ini penting diajarkan pada siswa. Tanpa praktik, kata dia siswa nantinya akan kaku jika dihadapkan pada kehidupan demokrasi yang sebenarnya.

"Kan di pelajaran ada pelajaran demokrasi, jadi ini sebagai ajang praktek mereka, supaya kenal yang seperti sesungguhnya,"papar dia.

Salah satu siswa Djafier M Nugroho, mengaku senang mengikuti simulasi pemilu ini. "Saya tidak tahu, tapi ini sangat menyenangkan," ucapnya singkat
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5016 seconds (0.1#10.140)