Kuba Dilanda Krisis, Kelinci Jadi Alat Tukar untuk Dapat Makan

Rabu, 03 Juni 2020 - 04:05 WIB
loading...
Kuba Dilanda Krisis, Kelinci Jadi Alat Tukar untuk Dapat Makan
Peternak menunjukkan kelincinya di Havana, Kuba. Foto/Reuters
A A A
HAVANA - Pandemi COVID-19 memicu terjadinya krisis ekonomi di Kuba. Bahkan, ada warga negara tersebut yang menjadikan kelinci sebagai alat tukar untuk mendapatkan makan.

(Baca juga: Kasus Terkonfirmasi di Surabaya Naik, Kepala BNPB: Hasil Kerja Keras )

Nelson Aguilar biasa menjual kelinci yang dia besarkan di atas rumahnya ke restoran di Havana. Kini, pria berumur 70 tahun itu menjadikan kelinci sebagai mata uang, untuk ditukar dengan makanan atau sabun, demi menghindari antrean panjang berjam-jam di toko-toko yang stoknya terbatas.

Dia tidak sendiri. Semakin banyak warga Kuba beralih ke barter untuk memenuhi kebutuhan pokok, menukar secara langsung ke orang atau melalui grup media sosial.

Virus corona telah memperburuk krisis barang kebutuhan pokok yang sudah parah sebelum pandemi terjadi. "Sejak mereka menutup semua restoran. Saya sekarang memelihara kelinci untuk makan atau alat tukar," kata Aguilar di depan kandang kelincinya.

"Saya menukar kelinci untuk sabun misalnya, karena saya tidak suka antrean itu. Sejauh ini, saya tidak pernah antre, meski sekali," papar dia.

Para pembeli harus antre untuk mendapatkan beberapa kebutuhan pokok sejak satu setengah tahun terakhir saat kondisi ekonomi Kuba memburuk dengan krisis yang terjadi di Venezuela serta sanksi pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Kini, pandemi menghentikan pariwisata, mengurangi pengiriman uang dan menambah biaya pengiriman, membuat Kuba mengalami krisis ekonomi terburuk sejak keruntuhan penyokong utamanya Uni Soviet pada 1990-an.

Warga Kuba tidak kali ini saja melakukan barter. Selama era Uni Soviet, warga Kuba menukar minuman rum lokal untuk produk makanan kaleng Soviet dari para pelaut pedagang. Selama masa depresi 1990-an, para petani menukar buah dan sayuran untuk barang-barang buatan warga kota.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)