Gaharnya Kare Kambing Blauran

Senin, 21 Januari 2019 - 14:27 WIB
Gaharnya Kare Kambing Blauran
Kare kambing Blauran menjadi buruan warga Surabaya di saat hujan deras turun.Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Cuaca ekstrem yang terjadi di Kota Pahlawan tiga hari terakhir membawa suasana sejuk. Kare kambing Blauran layak dicoba untuk menghangatkan badan.

Kare kambing Blauran cukup legendaris di Surabaya. Lokasinya yang berada di lantai dasar pasar cukup gahar sebagai sajian di pagi hari. Setelah hujan deras terjadi, rasanya siap untuk menepi.

Irisan daging dan jeroan kambing membanjiri isi mangkok berukuran besar. Legit aroma daging kambing langsung menusuk rongga hidung. Berenang bersama lontong khas Banyuurip yang tersohor, kare kambing menjadi penanda kehangatan Surabaya.

Dasim (56), penjual kare kambing Blauran menuturkan, olahan rempah yang hangat memang menjadi ciri khasnya. Daging dan jeroan kambing terlebih dahulu dikukus dengan balutan rempah yang diharapkan bisa menyerap ke permukaan daging.

"Kebanyakan suka kalau dipadu dengan lontong. Kalau mau nasi saya juga sediakan," ujar Dasim, Senin (21/1/2019).

Tiap porsi, ia mematok harga Rp15 ribu. Harga yang pantas untuk menebus lembutnya daging kambing yang disajikan.

Untuk melengkapi sajian, penikmat kambing bisa menyempurnakan dengan sate kerang, usus dan cecek. Dalam sekejap, hawa dingin setelah hujan deras langsung sirna.

Bagi yang takut kolesterol, Dasim pun menyediakan tumbukan alpukat yang lembut. Alpukat itu disajikan dalam gelas besar yang diberi es mampu mendinginkan tenggorokan.

Untuk masuk ke lokasi Pasar Blauran, para penikmat kare kambing harus berjibaku dengan jalanan yang becek. "Nggak apa-apa becek, yang penting perut kenyang. Rasa kare kambing ini terasa banget rempahnya," kata Yulia Fatmawati, salah satu pembeli.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9990 seconds (0.1#10.140)