Air Urine Berbau Harum Berpotensi Gajala Diabetes Tipe 2

Selasa, 22 Januari 2019 - 07:10 WIB
Air Urine Berbau Harum Berpotensi Gajala Diabetes Tipe 2
Waspada air urin Anda jika berbau harum. Pasalnya, hal ini bisa menjadi gajala diabetes tipe 2. Foto/Istimewa.
A A A
SURABAYA - Tanda umum seseorang mengidap diabetes tipe 2 yakni penurunan berat badan, merasa haus sepanjang waktu, penglihatan kabur, dan kelelahan.

Namu faktanya, urine juga dapat memberi tahu banyak tentang kesehatan Anda. Dilansir Times Now News, menurut NHS, memiliki urine yang berbau bisa menjadi tanda peringatan diabetes tipe 2.

Misalnya, memiliki kencing manis, urine berbau buah atau mungkin mengeluarkan lebih banyak urin dari biasanya. Sementara, diet dan asupan cairan sehari-hari dapat memengaruhi warna dan bau urine.

Beberapa kelainan, obat-obatan, dan suplemen juga dapat mengubah cara urine terlihat dan tercium. Namun, urin menjadi berbau harum jika mengandung terlalu banyak gula atau glukosa.

Tubuh mencoba mengeluarkan glukosa ekstra dalam urin sehingga membuat urine mengeluarkan aroma buah. Seseorang dengan urine berbau manis karena diabetes juga mengalami gejala lain, seperti perubahan nafsu makan, rasa haus yang ekstrem, kelelahan dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Meski kebanyakan orang tidak memperhatikan bau urine mereka, penting untuk berbicara dengan dokter jika tiba-tiba melihat perubahan dalam bau atau penampilan urine, terutama jika terjadi terus menerus.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4978 seconds (0.1#10.140)