Semprot Disinfektan Massal dan Tes Swab di Cluster Baru Covid-19 Sidoarjo

Rabu, 03 Juni 2020 - 22:50 WIB
loading...
Semprot Disinfektan Massal dan Tes Swab di Cluster Baru Covid-19 Sidoarjo
Petugas melakukan penyemprotan massal di Desa Wonocolo yang merupakan cluster baru penyebaran corona di Sidoarjo.Foto/Pramono
A A A
SIDOARJO - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo, Rabu siang (03/06/2020) melakukan penyemprotan desinfektan secara massal di Desa Wonocolo, Taman, Sidoarjo. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari penanganan penyebaran Covid-19 di cluster baru Desa Wonocolo.

Mengerahkan puluhan petugas gabungan TNI/Polri dan relawan Kampung Tangguh, penyemprotan dilakukan di seluruh rumah warga tanpa kecuali. Berpakaian APD lengkap, petugas dan relawan Kampung Tangguh Semeru keliling menyusuri sejumlah gang kecil di desa setempat. Termasuk rumah sejumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Untuk memantau pergerakan masyarakat di Desa Wonocolo ini, sejumlah kamera CCTV dipasang di sejumlah titik yang bisa dipantau melalui Posko Kampung Tangguh yang ada di balai desa setempat.

Menurut rencana, selain penyemprotan desinfektan massal, juga akan dilakukan uji swab gratis Kamis pagi dengan mendatangkan Mobil PCR bantuan dari BIN. Seluruh warga Desa Wonocolo akan mengikuti uji swab di area parkir Pasar Taman.

“Hari ini kita lakukan penyemprotan disinfektan massal dan akan dilanjutkan dengan uji swab untuk seluruh warga Desa Wonocolo sebagai upaya menekan penyebaran Virus Covid-19 di wilayah Cluster Baru Wonocolo,“ tegas Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji.

Melalui Program Kampung Tangguh, optimis bisa menekan penyebaran Covid-19 serta meningkatkan jumlah pasien sembuh asal Desa Wonocolo yang kini tengah dirawat di rumah sakit rujukan di Sidoarjo.

“Untuk mendukung Program Kampung Tangguh ini, relawan telah menyiapkan bantuan bahan pangan, khususnya bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri atau perawatan di rumah sakit rujukan,” tambah Sumardji.

Hingga saat ini tercatat ada 25 Warga Desa Wonocolo yang terkonfirm Positif Covid-19 dan lima warga lainnya meninggal dunia. Kondisi ini yang menyebabkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo menetapkan Desa Wonocolo sebagai cluster baru di Sidoarjo.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8972 seconds (0.1#10.140)