Mudahkan Caleg Jatim Raih Suara Maksimal, Ini Yang Diberikan HT

Selasa, 22 Januari 2019 - 22:20 WIB
Mudahkan Caleg Jatim Raih Suara Maksimal, Ini Yang Diberikan HT
Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) di tengah-tengah caleg di daerah pemilihan VI. Foto/SINDONews/Solichan Arif
A A A
TULUNGAGUNG - Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) memberikan pengarahan dan pembekalan calon anggota legislatif (caleg) daerah pemilihan (dapil) VI. Kehadiran HT disambut gembira para caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD II dapil Tulungagung, Blitar dan Kediri ini.

Di depan para caleg, HT menegaskan Partai Perindo akan memberi bantuan saksi di setiap tempat pemungutan suara (TPS). “Saya akan membantu saksi. Di setiap TPS akan diberikan satu saksi,“ ujar HT di aula hotel Crown Kota Tulungagung Selasa, (22/1/2019). Secara tekhnis, saksi berada di bawah kendali seorang koordinator (saksi).

Syarat saksi adalah seseorang yang bisa baca tulis, loyal dan mampu menggalang minimal 5 orang. Menurut HT saksi yang ditempatkan di satu TPS itu merupakan saksi untuk partai. Kendati demikian, keberadaan saksi memuluskan caleg mendulang suara sebanyak banyaknya.

“Ini kebijakan partai untuk memuluskan caleg memaksimalkan suara masing masing. Untuk tekhnis honornya nanti akan disampaikan,“ terangnya. Selain saksi, Partai Perindo juga menyediakan kartu tanda anggota (KTA) berasuransi.

Ada 2 juta KTA berasuransi yang telah dicetak. Dan partai telah menyiapkan 1-2 juta lagi KTA baru. HT mempersilahkan para caleg memanfaatkan sebaik baiknya, yakni menggunakan KTA untuk menjaring pemilih sebanyak banyaknya.

Namun dia mengingatkan KTA berasuransi itu harus diaktivasi. “Karena ini bukan barang murah. Kalau minta gak dipakai keterlaluan. Bagi yang minta (KTA) harus konsekuen. Harus didaftarkan,“ tegasnya.

Dalam kesempatan itu HT juga menyinggung soal alat peraga kampanye (APK). Menurutnya Partai Perindo telah menyiapkan APK sesuai kebutuhan partai, yakni baik baliho, spanduk maupun kaos. Namun dia meminta caleg tidak berasumsi kebutuhan APKnya akan dipenuhi partai.

HT meminta para caleg untuk lebih kreatif. Untuk memudahkan para caleg dalam mendulang suara, HT juga menegaskan akan menggelar bazar murah di Dapil VI Jawa Timur. Kemudian di tiap DPD Kabupaten/Kota akan disediakan piranti fogging untuk pemberantasan penyakit demam berdarah di masyarakat. “Silahkan dimanfaatkan sebaik baiknya,“ katanya.

HT juga mengingatkan jika antara parpol dan caleg sama sama memiliki peran penting dalam pemilihan umum. Dari seluruh suara yang terkumpul, 1/3 di antaranya suara partai dan 2/3 di antaranya suara seluruh caleg.

Dia menambahkan jika kerja keras dan militansi saja tidak cukup. Untuk mencapai kemenangan juga diperlukan strategi yang tepat. “Dan parpol dan caleg sama sama memiliki peran penting,“ jelasnya.

Caleg DPR RI No 1 Dapil VI Jawa Timur Ellen Sukmawati optimis Perindo akan meraih hasil sesuai harapan dalam pemilu 2019 ini. Sebagai caleg, Ellen mengatakan telah bekerja keras dan sejauh dirinya blusukan, Perindo mendapat respon positif di masyarakat. “Kita optimis akan memenangkan pemilu 2019 ini,“ tegasnya.

Seperti diketahui, dalam agenda pembekalan ini HT juga didampingi Sekjen Perindo Ahmad Rofiq dan sejumlah petinggi Perindo lainnya. Dari Tulungagung, rombongan HT langsung bertolak ke Kabupaten Ponorogo.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5938 seconds (0.1#10.140)