Program Studi Keagamaan Sepi Peminat Calon Mahasiswa

Kamis, 24 Januari 2019 - 10:29 WIB
Program Studi Keagamaan Sepi Peminat Calon Mahasiswa
Kementerian Agama akan melakukan kajian mendalam mengenai penyebab sepinya minat prodi keagamaan.Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebut program studi (prodi) keagamaan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sepi peminat dibanding prodi umum.

Karena itu, kementerian akan melakukan kajian mendalam mengenai penyebab sepinya minat prodi keagamaan. “Saya sampaikan bahwa prodi keagamaan kurang diminati, makanya harus dilakukan refleksi introspeksi diri,” ungkapnya seusai meluncurkan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk (SPAN-UM) PTKIN di Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin.

Lukman mengatakan, pihaknya masih terus mencari tahu akar masalah kekurangan minat kalangan generasi muda terhadap prodi keagamaan, termasuk menyinyalir adanya persepsi dari mereka bahwa prodi itu kurang memberikan harapan ke depan. “Kan bisa juga karena persepsi yang tidak pas. Atau mungkin karena cara kita yang mempromosikannya kurang baik,” tuturnya.

Disinggung mengenai dosen yang menjadi penyebab prodi kurang diminati, Lukman justru membantah. Dia mengatakan bahwa kualitas dosen justru semakin membaik.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim melihat kecenderungan anak muda yang melihat alternatif pembelajaran agama melalui medsos atau internet, sehingga internet ini dijadikan sumber metodologis pembelajaran.

Oleh karena itu, yang paling penting saat ini adalah membangun critical thinking education atau pendidikan nalar yang kritis. “Sekarang ditjen PTKIN mempersiapkan cara-cara pendidikan nalar kritis ini masuk ke dalam kurikulum pembelajaran,” kata Arskal.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6184 seconds (0.1#10.140)