alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begitu Pentingnya Lemak Tak Jenuh Tunggal untuk Kesehatan

Diana Rafikasari
Begitu Pentingnya Lemak Tak Jenuh Tunggal untuk Kesehatan
Lemak baik memiliki manfaat. Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, lemak yang baik benar-benar dapat membantu akan merasa kenyang dan tidak mengancam tubuh. (Today Show)

SURABAYA - Selain berfungsi sebagai bahan bakar untuk tubuh, lemak juga memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi otak.Tapi ingat tubuh berlebihan juga berbahaya.

Nah, rata-rata orang dengan berat badan yang sehat dianjurkan untuk memperoleh sekitar 20—35% dari asupan kalori harian dari lemak baik.

Sebesar 60% komposisi otak adalah lemak, sehingga melengkapi diet dengan lemak yang baik sangat penting. Lemak baik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, lemak yang baik benar-benar dapat membantu akan merasa kenyang dan tidak mengancam tubuh.



"Ketika orang mendengar kata lemak, mereka akan segera mengibarkan bedera merah di sekitarnya. Penting untuk diketahui bahwa 30% dari makanan kita harus mengandung lemak, selaput cel dan segala sesuatu di tubuh tumbuh dengan lemak," ujar nutrisionis Emilia Achmadi saat acara Masakan Sederhana, Lezat dan Sehat dengan Cara Bertoli di Almond Zucchini Cooking Studio, Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Penelitian menunjukkan bahwa lemak tertentu dari sayuran, kacang-kacangan dan ikan dapat membantu meningkatkan kesehatan. Untuk jumlah lemak yang dikonsumi, Emilia mengatakan tidak ada batasan. Namun, dia menyarankan idealnya lemak dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan sehari-hari dan pilih lemak sehat.

"Saking pentingnya (lemak) kalau nggak masuk ke rutinitas kita, pertama hormonal. Kalau bicara hormon, pria juga punya hormon. Hormon yang tidak seimbang itu karena tidak idealnya jumlah lemak yang masuk atau lemak yang masuk salah. Lemak itu baik. Lemak itu tidak ada batasan konsumsi tapi sesuaikan dengan kebutuhan Anda,” papar dia.

"Pilih lemak sehat. Yang kita tahu, lemak jenuh itu tidak sehat dan harus dihindari. Sedangkan lemak tidak jenuh sehat dan itu lemak nabati. Dari lemak tidak jenuh ini ada lagi yang lebih primadona, lemak tidak jenuh tunggal dan itu sumber utamanya olive oil (minyak zaitun). Olive oil dikenal bisa bikin tubuh lebih sehat. Mediteranian diet itu sehat karena sumbernya olive oil," ujar dia.



(vhs)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif