Pasien Covid-19 Sembuh di Surabaya Tembus 742 Orang

Jum'at, 05 Juni 2020 - 20:25 WIB
loading...
Pasien Covid-19 Sembuh di Surabaya Tembus 742 Orang
Pasien COVID-19 yang sebelumnya diisolasi di Asrama Haji Surabaya kini sudah sembuh dan diperbolehkan pulang.Foto/SINDONews/Aan haryono
A A A
SURABAYA - Kabar baik tentang penanganan Covid-19 kembali datang dari Kota Surabaya. Jumlah pasien sembuh Covid-19 di Kota Pahlawan terus mengalami peningkatan.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita menuturkan, hari ini ada 132 pasien confirm Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Mereka terdiri dari 95 orang yang sebelumnya menjalani karantina di Hotel Asrama Haji dan 37 orang dirawat di Rumah Sakit Husada Utama.(baca juga: Kabar Baik, Jumlah Sembuh Corona di Surabaya Meningkat )

“Hari ini ada 132 orang yang sembuh, terdiri dari Asrama Haji 95 dan RS Husada Utama 37 orang. Kalau kemarin yang sembuh dan dipulangkan itu ada 70 orang, dari Asrama Haji saja,” kata Feny, panggilan akrabnya, Jum'at (5/6/2020).

Ia melanjutkan, tren peningkatan kesembuhan pasien Covid-19 di Surabaya ini cukup signifikan. Salah satunya disebabkan karena adanya dukungan mobil PCR. Sehingga membuat proses diagnosa pasien menjadi lebih cepat. “Kalau total hingga saat ini ada 742 orang yang sudah sembuh dan boleh pulang,” ungkapnya.(baca juga: Luar Biasa! 1.207 Orang Di Jatim Sembuh Dari COVID-19 )

Menariknya, tren kesembuhan pasien yang menjalani karantina di Hotel Asrama Haji ini terus meningkat. Pada Selasa (2/6/2020), ada 32 orang dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Kemudian, pada Kamis, (4/6/2020) ada 70 orang. Sementara itu, hari ini ada 95 orang. “Mudah mudahan ke depan makin tinggi tingkat kesembuhannya,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya ini juga mengungkapkan, bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan kesembuhan warga yang menjalani karantina di Hotel Asrama Haji itu terus meningkat. Salah satunya karena adanya dukungan moril para petugas di sana sehingga membuat warga itu merasa gembira.

“Kalau di Asrama Haji itu positif tapi OTG (orang tanpa gejala), mereka gembira imunnya naik, kemudian kita berikan vitamin. Kemudian makannya juga kita pantau, dan mereka juga olahraga berjemur,” jelasnya.(baca juga: Sekeluarga PDP di Surabaya Meninggal Dunia dalam Kurun Satu Pekan )

Pasien yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari Hotel Asrama Haji ini sebelumnya telah menjalani pemeriksaan swab sebanyak dua kali. Meski sebelumnya pemkot sempat mengalami kendala karena kurangnya alat swab, namun tidak untuk sekarang.

“Memang swab kemarin sempat tertunda, jadi kita lakukan swab ulang. Tapi sekarang bisa cepat, karena kemarin terhambat karena labnya lama kemudian antre, kalau sekarang bisa cepat,” katanya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, semua pasien yang sudah sembuh dan bagi semua warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Selama kondisi pandemi belum dinyatakan aman dengan sempurna, warga harus rajin mencuci tangan, saling menjaga jarak dan menggunakan masker.

“Bahkan mungkin nanti ke depan saya minta protokol seperti ini. Selalu cuci tangan dan menggunakan masker kalau mereka keluar. Karena itulah cara satu-satunya kita menjaga kesehatan kita pada saat seperti ini,” kata Risma.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3125 seconds (0.1#10.140)