Ini Lima Helikopter Panther Anti-Kapal Selam Perkuat Armada Puspenerbal

Senin, 28 Januari 2019 - 15:09 WIB
Ini Lima Helikopter Panther Anti-Kapal Selam Perkuat Armada Puspenerbal
Pusat Penerbangan TNI-AL (Puspenerbal) kedatangan 5 unit helikopter Panther as 565 mbe anti kapal selam dari PT Dirgantara Indonesia, Senin (28/1/2019).Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Sebanyak lima unit helikopter Panther as 565 mbe anti- kapal selam kini memperkuat jajaran Pusat Penerbangan TNI-Angkatan Laut (Puspenerbal).

Helikopter itu didatangkan dari PT Dirgantara Indonesia, Senin (28/1/2019). Kelima helikopter Panther ini akan perkuat patroli laut dan kekuatan perang armada TNI-AL .

Helikopter Panther memiliki kemampuan fleet air arm yang dapat memberikan daya deteksi dan intelijen, daya pukul, daya gerak, dan pengamanan kapal perang TNI-AL dalam melaksanakan manuver, baik untuk patroli keamanan maupun masa perang. (Baca juga: Empat Komandan Satuan Kapal Koarmada II Ganti Pimpinan)

Kedatangan lima helikopter Panther di Base Ops Lanudal Juanda Surabaya disambut khusus dengan tradisi pentahbisan yang dilakukan langsung Komandan Pusat Penerbangan TNI-AL, Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan. Lima pesawat helikopter anti selam ini langsung masuk sebagai armada kekuatan skuadron 400 Puspenerbal Surabaya.

Dwika mengatakan, dibanding helikopter pada umumnya, helikopter Panther ini memiliki keunggulan karena dilengkapi teknologi sensor khusus, senjata, dan sistem teknologi informasi. “Helikopter Panther ini mampu mendeteksi kekuatan musuh di laut, tanpa bisa diketahui kekuatan musuh dari dalam laut,” katanya. (Baca juga: Kasal Pemimpin Sertijab 3 Posisi Penting di TNI AL)

Dengan diterimanya 5 unit helikopter Panther ini, total jumlah armada helikopter Panther yang dimiliki Pusat Penerbangan TNI-AL saat ini ada 10 unit dari 11 unit yang dipesan khusus dengan anggaran dari Mabes TNI-AL dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6377 seconds (0.1#10.140)