Pandemi Covid-19, Minat Anak Indonesia Main Game Turun

Minggu, 07 Juni 2020 - 07:25 WIB
loading...
Pandemi Covid-19, Minat Anak Indonesia Main Game Turun
ilustrasi
A A A
JAKARTA - Hasil riset Kaspersky menyebutkan minat anak Indonesia bermain game turun saat pandemi Corona atau Covid-19 dibanding dengan periode sebelum terjadi wabah.

Berdasarkan data anonim yang dikumpulkan oleh Kaspersky Security Network (KSN) dari pengguna Kaspersky Safe Kids di platform Windows dan macOS, anak-anak mengalami penurunan minat pada game di komputer pribadinya selama masa karantina.

Minat online anak-anak terhadap game komputer mengalami perubahan fluktuatif selama tiga bulan terakhir. Berdasarkan statistik, minat tertinggi game komputer untuk anak-anak di Tanah Air pada bulan April sebesar 16,32% dan menurun bulan Mei menjadi 13,23%.

Lebih rinci lagi, pada Januari minat anak berada di angka 16,02%. Angka tersebut menurun hampir 50% ke angka 8,95% pada Februari. Kemudian pada Maret naik ke angka 11,21%, disusul April naik ke angka 16,32%, tapi Mei turun ke angka 13,23%.

"Menurunnya minat pada game di komputer pribadi dapat dijelaskan oleh meningkatnya kebutuhan dalam penggunaannya untuk kegiatan lain. Misalnya, proses pendidikan lebih mudah di akses melalui perangkat PC dari pada di perangkat seluler," papar Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky dalam keterangan resminya di Jakarta.

Namun, Larkina menyebut penurunan minat anak-anak terhadap game komputer hanya relevan untuk komputer dengan sistem operasi Windows.

Hal ini disebabkan sebagian besar game online di PC dirilis khusus untuk Windows. Misalnya saja di toko game online populer, seperti Steam. Sedangkan game yang tersedia untuk komputer macOS jumlahnya lebih sedikit.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)