Wuih! Segar Gurih Sambal Cumi Ijo Menu Santap Siang

Kamis, 31 Januari 2019 - 08:04 WIB
Wuih! Segar Gurih Sambal Cumi Ijo Menu Santap Siang
Makan siang dengan Sambal Cumi Ijo menjadi pilihan tepat. Rasa gurih dan pedas menjadi kombinasi yang tepat saat disantap dengan nasi hangat. Foto/Istimewa.
A A A
SURABAYA - Makan siang hari ini sangat cocok jika disajikan seafood.Jika bosan menyantap olahan seafood, seperti ikan goreng atau kerang, kreasikan saja olahan cumi.

Misalnya saja membuat Sambal Cumi Ijo. Rasanya yang pedas dan gurih, membuat makanan ini menggoyang lidah. Tertarik membuatnya? Berikut resep Sambal Cumi Ijo seperti dikutip dari akun Instagram @berbagiresep. (Baca juga: Gugah Selera Makan Siang dengan Menu Mujaer Bakar Teflon)

Bahan-bahan:
250 gr cumi asin
2 daun salam
1 serai ambil putihnya, rajang halus
5 daun jeruk, buang tulangnya, sobek kasar
Gula secukupnya
Garam secukupnya
1/2 sdt kaldu jamur

Bumbu halus goreng:
2 cabai hijau
15 cabai keriting hijau
25 cabai hijau
2-3 tomat sedang
12 bawang merah
5 bawang putih
1 sdt terasi bakar

Cara membuat:
cuci bersih cumi, buang kotoran dan tulang yang menyerupai plastik. Rendam dengan air panas selama 15 menit. (Baca juga: Menu Makan Siang Simpel dan Nikmat, dengan Tahu Lada Hitam)

Potong cumi bentuk ring. Rebus selama 3 menit. Tiriskan. Tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk rata sampai harum.

Masukkan cumi, gula, garam dan kaldu jamur. Aduk rata biarkan bumbu meresap. Koreksi rasa. Angkat. Sambal cumi ijo siap dihidangkan.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1560 seconds (0.1#10.140)