Telkomsel Ajak Warga Bijak Pakai Plastik lewat #BhayPlastik

Senin, 04 Februari 2019 - 08:45 WIB
Telkomsel Ajak Warga Bijak Pakai Plastik lewat #BhayPlastik
Peserta Trash Run pada roadshow #BhayPlastik Malang yang dimulai di LOOP Arena Taman Singha Merjosari saat mengumpulkan sampah plastik pada jalur lari. Foto/Ist
A A A
MALANG - Komitmen untuk mengurangi penggunaan plastik dan sampah plastik ditunjukkan PT Telkomsel melalui gerakan #BhayPlastik. Gerakan yang diadakan sejak Desember 2018 tersebut untuk menyebarkan kesadaran lingkungan agar masyarakat lebih bijak menggunakan plastik.

Perusahaan telekomunikasi ini mengajak masyarakat turut ambil bagian dengan membagikan pengalaman dalam melakukan gerakan mengurangi pemakaian sampah.

Semua orang dapat berpartisipasi dengan melakukan aksi sederhana seperti mendaur ulang plastik bekas menjadi barang bermanfaat, mengganti penggunaan plastik sekali pakai seperti gelas/botol, tas dan sedotan plastik dengan tumbler, tote bag, dan stainless straw, dan lain-lain.

Agar masyarakat banyak yang tertarik dengan gerakan ini, Telkomsel juga menggelar roadshow bertajuk “Join The Movement, #BhayPlastik” di 11 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Malang, roadshow #BhayPlastik diadakan di LOOP Arena Taman Singha Merjosari melibatkan komunitas-komunitas dan masyarakat di Malang, Minggu (3/2).

Sebelumnya, roadshow telah singgah di Bogor, Medan, Serang, Manado, Semarang, Cirebon, dan Lampung. Selanjutnya akan digelar di Balikpapan, Pekanbaru, dan Makassar.

“Kami percaya bahwa perubahan yang besar dapat dimulai dari sebuah aksi yang sederhana. Melalui #BhayPlastik, Telkomsel ingin memberikan perubahan besar bagi lingkungan dengan mengajak semua orang untuk mulai mengubah kebiasaan sehari-hari dalam penggunaan plastik,” ujar Manager Youth and Community Region Jawa Timur Telkomsel Patrice Richard dalam keterangan tertulisnya ke sindonews.com

Roadshow di Malang ini turut dimeriahkan dengan antusiasme komunitas-komunitas di Malang seperti Trash Hero Tumapel, Sobat Bumi Malang, Earth Hour Malang, Sabers Pungli (Sapu Bersih Sampah, Nyemplung Kali), Batu Local Guide, serta Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi).

Pada acara ini, puluhan peserta dari berbagai komunitas tersebut mengikuti berbagai kegiatan dalam roadshow ini seperti seperti Trash Run, yaitu kegiatan lari santai atau fun run yang dilakukan sembari mengambil sampah di sepanjang jalur lari.

Ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat sekitar bahwa kita semua bisa berkontribusi dalam gerakan peduli lingkungan dalam apa pun aktivitas yang kita lakukan. Selain itu ada juga Plastalk, yang merupakan kegiatan edukasi mengenai bahaya sampah plastik dan cara mengubah plastik bekas menjadi karya yang berguna dan bernilai ekonomis.

Hot Bottles Recycle Company hadir memberikan edukasi sekaligus mini workshop kepada peserta dengan mengubah botol-botol yang telah dikumpulkan saat Trash Run, menjadi karya seni miniatur sepeda motor.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4761 seconds (0.1#10.140)