Kabupaten Morotai Diguncang Gempa Bumi 5 SR Guncang

Rabu, 06 Februari 2019 - 08:38 WIB
Kabupaten Morotai Diguncang Gempa Bumi 5 SR Guncang
Gempa bumi 5 SR wilayah Morotai, Provinsi Maluku Utara, Rabu, 6 Februari 2019, pukul 07.17 WITA, tidak berpotensi tsunami. Foto/Dok.BMKG
A A A
MOROTAI - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5 Skala Richter (SR), mengguncang wilayah Kabupaten Morotai, Provinsi Maluku Utara, Rabu (6/2/2019) pukul 07.17 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 5,1 skala richter (SR) yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5 SR.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,63 LU dan 128,38 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km arah utara Kota Daruba, Kabupaten Morotai, Maluku Utara pada kedalaman 48 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Laut Filipina ke bawah Lempeng Mikro Halmahera.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi itu dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa dirasakan di daerah Morotai dan Tobelo dalam skala intensitas II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

"Hingga pukul 08.27 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4255 seconds (0.1#10.140)