9 Pedagangnya Terpapar COVID-19, Pasar Krempyeng Gresik Ditutup

Kamis, 11 Juni 2020 - 13:08 WIB
loading...
9 Pedagangnya Terpapar COVID-19, Pasar Krempyeng Gresik Ditutup
Petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP Kabupaten Gresik, menutup Pasar Krempyeng, Kabupaten Gresik. Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Pasar Krempyeng Gresik, ditutup untuk sementara selama tujuh hari. Hasil deteksi Satgas COVID-19 Kabupaten Gresik, menemukan sembilan pedagang terpapar COVID-19.

(Baca juga: Dokter Cantik Reisa Ajak Masyarakat Jaga Jarak, Kenapa? )

Sekitar 150 pedagang pun harus berkemas. Membawa dagangan mereka pulang ke rumah masing-masing. Mulai dari pedagang buah, sayur hingga kebutuhan rumah tangga.

Sejumlah lapak yang sudah kosong langsung dipasang garis larangan melintas oleh Satpol PP Kabupaten Gresik. Nampak aparat TNI dan kepolisian juga berada di lokasi.

"Ini masih menunggu dikosongkan semua baru kami pasang garis larangan melintas," ujar salah satu anggota Satpol PP saat di lokasi.

(Baca juga: Robert Tak Sabar Dampingi Maung Bandung di Tepi Lapangan )

Kepala Diskoperindag Kabupaten Gresik, Agus Budiono menjelaskan, penutupan pasar krempyeng ini menindaklanjuti hasil rapid test dan swab pada Mei lalu. "Ada tujuh orang yang saat itu ditemukan reaktif dan hasil swab positif COVID-19," karanya, Kamis (11/6/2020).

Tidak cukup disitu, lanjut Agus Budiono, dalam tes lanjutan bertambah dua orang. Total terdapat sembilan orang yang terpapar virus tersebut. Ada yang berasal dari pedagang, ada pula pembeli.

(Baca juga: Dor!!! Pelaku Curanmor Bersenpi Tewas Ditembak Polisi )

Sementara Kasatpol PP Kabupaten Gresik, Abu Hassan menambahkan, penutupan ini berlangsung selama tujuh hari kedepan. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi.

Jika masih bertambah dari klaster yang sama, maka penutupan akan diperpanjang lagi. "Besok pagi akan dilakukan penyemprotan disinfektan," imbuhnya.

Sedangkan Sochi, pengelola Pasar Krempyeng mengaku belum ada pemberitahuan sebelumnya. Tiba-tiba petugas datang memberitahu bahwa pasar akan ditutup. "Iya tidak ada pemberitahuan. Tiba-tiba petugas datang dan memberitahu akan menutup pasar," ungkapnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2938 seconds (0.1#10.140)