Tim Gugus Tugas Optimalkan Program Kampung Tangguh di 181 Desa Zona Merah

Kamis, 11 Juni 2020 - 20:23 WIB
loading...
Tim Gugus Tugas Optimalkan Program Kampung Tangguh di 181 Desa Zona Merah
Kombes Pol Sumardji saat di pos check point Desa Wonocolo, Sepanjang, Sidoarjo.Foto/Pramono
A A A
SIDOARJO - Memasuki masa transisi new normal, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sidoarjo mengoptimalkan Program Kampung Tangguh di 181 Desa yang masuk zona merah.

Melalui seluruh Unit Satgas Relawan Kampung Tangguh yang telah dibentuk, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo akan meningkatkan pengawasan perilaku masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat sesuai protokol kesehatan.

Tidak hanya mengawasi masyarakat yang bandel, Satgas Relawan Kampung Tangguh ini juga akan melakukan pengawasan pangan dan kesehatan, khususnya bagi keluarga pasien Covid-19 yang melakukan isolasi, baik isolasi di Rruah sakit atau di rumah.

Penegasan ini disampaikan langsung Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji, Kamis (11/6/2020) sore saat meninjau Pos Chek Point Desa Wonocolo Taman-Sidoarjo.

Menurut Sumardji, program Kampung Tangguh dipercaya bisa menjadi solusi, khususnya di tingkat desa. Melalui program ini, pasien yang sedang menjalani proses perawatan medis di rumah sakit bisa lebih tenang karena kebutuhan pangan keluarga telah ditanggung. Pasien bisa lebih konsentrasi ke penyembuhan dirinya di rumah sakit.

Kondisi inilah yang bisa meningkatkan jumlah pasien Covid yang sembuh di Sidoarjo, seperti di Desa Waru dan Desa Wonocolo Taman-Sidoarjo.

Sementara bagi yang melanggar protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker saat keluar rumah, akan ditegur langsung Satgas Relawan Kampung Tangguh yang berasal dari warga setempat. TNI/Polri melalui Tim Bhabinkamtibmas dan Babinsa hanya bersifat mendukung kinerja Satgas Relawan.

Selain itu, untuk mendukung kinerja Satgas Relawan di desa, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo di saat transisi ini telah membentuk sejumlah pos chek point di sejumlah desa, khususnya yang masuk zona merah.

“Saat masa transisi ini, kita akan mengoptimalkan tugas dan fungsi semua unit satgas relawan Kampung Tangguh di seluruh desa di Sidoarjo. Seluruh unit Satgas akan turun, mulai dari Satgas Pengawasan Perilaku Masyarakat, Satgas Pangan, hingga Satgas Kesehatan yang akan langsung melakukan penanganan jika ada masyarakat yang memerlukan pertolongan medis saat pandemi Covid ini,“ tegas Sumardji.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2900 seconds (0.1#10.140)