Emas Batangan Bergambar Presiden Soekarno Ditemukan di Sumsel

Sabtu, 09 Februari 2019 - 15:00 WIB
Emas Batangan Bergambar Presiden Soekarno Ditemukan di Sumsel
Emas Batangan Bergambar Presiden Soekarno Ditemukan di Sumsel
A A A
EMPAT LAWANG - Emas batangan bergambar Presiden Soekarno ditemukan oleh warga di Empat Lawang, Sumatera Selatan. Selain emas batangan, juga ditemukan keris berbentuk mustika.

Yang paling mengejutkan, emas batangan bergambar Sang Proklamator tersebut bertuliskan tahun 1818. Pada bagian sisinya ada tepisan Gold 24 karat.

Tidak hanya itu, juga ditemukan keris dengan tulisan Jawa dan emas lainnya berbentuk mustika menyerupai naga.

Sejumlah benda ini ditemukan seorang warga di Desa Sukarame, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel. Sontak penemuan ini membuat warga sekitar heboh, dan informasi penemuan ini dengan cepat menyebar luas terutama di media sosial.

Penemunya adalah seorang Ibu bernama SA (36). SA menemukan benda itu di dalam galian tanah saat hendak membuat fondasi rumah di lahan yang sebelumnya kebakaran. Penemuan sendiri pada Kamis (7/2/2019), sekitar pukul 10.00WIB pagi menjelang siang.

Saat harta karun tersebut ditemukan, saat itu SA sedang menggali pondasi rumah yang telah terbakar. Dan ketika sedang menggali SA menemukan benda yang diduga harta karun tersebut.

Dan harta karun yang ditemukan tersebut berupa, satu buah emas yang berbentuk batangan Gold 24 karat yang bergambar Presiden RI yang ke 1, dan bertulisan tahun 1818, keris dengan tulisan jawa dan Emas berbentuk mustika naga.

Kepala Desa Sukarame Rosihan membenarkan salah satu warganya telah menemukan benda yang menyerupai emas batangan dan beberapa benda lainnya.

"Mengenai penemuan tersebut betul adanya, tapi untuk memastikan benar atau tidaknya benda tersebut memiliki kandungan emas saya tidak bisa memastikannya. Karena harus ada kejelasan dan pengujian dari pihak yang ahli di bidang itu," katanya Sabtu (9/2/2019).

Saat ini barang-barang tersebut diamankan dan disimpan di rumah saudara SA selaku masyarakat yang menemukan benda yang diduga harta karun tersebut
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4311 seconds (0.1#10.140)