Silahturahim ke Habib Luthfi, Ustaz Abdul Somad Dapat Julukan Syekh

Sabtu, 09 Februari 2019 - 15:03 WIB
Silahturahim ke Habib Luthfi, Ustaz Abdul Somad Dapat Julukan Syekh
Ustaz Abdul Somad ketika berkunjung ke Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (8/2/2019). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ustaz Abdul Somad (UAS) mendapat panggilan dan julukan terhormat dari ulama kharismatik Habib Luthfi bin Yahya saat berkunjung ke Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (8/2/2019).

UAS beserta rombongan di antaranya Ustaz Arif Hasanul Muna, Ustaz Afifudin Jombang menemui Maulana Habib Luthfi bin Yahya di Studio (Radio). Pertemuan berlangsung sekitar satu jam.

“Selain silaturrahmi, UAS juga baiat Thariqah (tarekat). Beliau menyampaikan kepada Habib Luthfi, sebelumnya sudah baiat Thariqah Qadiriyah dan Satariyah,” kata Ahmad Tsauri, dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dalam keterangan tertulisnya.

Habib Luthfi meminta UAS agar memilih antara dua tarekat itu yang bisa diamalkan secara intens. Habib Luthfi menganjurkan Thariqat Satariyah kecuali jika ada wasiat (dari tarikat sebelumnya) untuk mengamalkan salah satu dari keduanya.

Ternyata benar ada wasiat, akhirnya UAS memilih Thariqat Qadiriyah dan Habib Luthfi pun membaiatnya.
Silahturahim ke Habib Luthfi, Ustaz Abdul Somad Dapat Julukan Syekh


Pada kesempatan itu, UAS memperlihatkan lembaran silsilah Thariqah Satariyah yang dia simpan dalam sebuah map. Habib Luthfi mengecek sanad, ada tiga nama yang dikoreksi oleh Beliau.

Kemudian menambahkan keterangan bahwa sanad Thariqah Qadiriyah tertua memang di Kota Medan, Sumatera Utara. Wajar saja jika UAS berbaiat di sana pertama kali.

Dalam pertemuan itu UAS tampak sedikit bicara, lebih banyak menyimak dengan menundukkan badan. Maulana dan UAS dari awal hingga akhir berkomunikasi dengan bahasa Arab.
Silahturahim ke Habib Luthfi, Ustaz Abdul Somad Dapat Julukan Syekh


Habib Luthfi menyampaikan strategi dakwah untuk memperkuat Ahlul Sunnah wal Jamaah. Habib berharap kepada UAS untuk memajukan Nahdlatul Ulama ke depan.

Maulana Habib Luthfi mengatakan sekarang panggilannya Syekh. Lengkapnya Syekh Abdul Somad Batubara karena gelar ustadz sudah terlalu lumrah. Setelah pertemuan dan baiat itu, UAS pun berpamitan dengan memeluk erat Habib Luthfi bin Yahya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7480 seconds (0.1#10.140)